Psikologi

Berkeringat saat Tidur ini penjelasan Dokter

(lifestyle.okezone.com)-Pernahkah Anda tiba2 terbangun di malam hari dan mendapati tubuh basah keringat? Anda mungkin pernah cari tahu penyebab tubuh berkeringat di malam hari dan dampaknya pada kesehatan. Apa penyebabnya?

 

Melansir dari Men’s Health, (13/7/18), tubuh Anda menggunakan keringat untuk mengurangi suhu inti ketika melampaui yang dinamakan batas zona thermoneutral. Banyak hal menyebabkan suhu tubuh melonjak, seperti selimut terlalu tebal hingga proses peradangan atau inflamasi ketika Anda mengalami penyakit atau infeksi.

 

Beberapa kondisi memengaruhi sistem saraf kelenjar keringat, atau faktor lain yang memengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk mengatur suhunya. Ada juga kemungkinan orang yang ber-OR dapat dikondisikan untuk berkeringat pada suhu yang lebih rendah dari yang diperkirakan.

 

Dokter James Mold dan kolega dalam Journal of the American Board of Family mengungkapkan, faktor2 menyebabkan kemungkinan tubuh Anda berkeringat, termasuk serangan panik, masalah tidur, demam, mati rasa di tangan dan kaki, kecemasan dan stres, serta kesulitan bernapas di malam hari.

 

Keringat itu bisa disebabkan efek samping dari pengobatan, termasuk Serotonin Reuptake Inhibitors (SSRIs), yang biasa diresepkan mengatasi depresi. Mold menuturkan, kemungkinan SSRIs jadi penyebab meski tidak pernah terbukti dengan jelas.

 

Dalam beberapa kasus, keringat malam hari bisa mengindikasikan ada masalah serius. Kondisi semacam itu bisa juga merupakan gejala penyakit autoimun, masalah pada jantung, atau sleep apnea, yakni terhentinya napas selama tidur.

 

Kasus2 yang dijabarkan itu jarang. Namun, Mold menyarankan agar Anda segera menghubungi dokter bila hampir tiap hari terbangun keadaan berkeringat. Ia juga sarankan agar Anda menjaga suhu tubuh setidaknya 2x sehari selama seminggu untuk mendeteksi adanya gejala demam.

 

Apabila kondisi tubuh Anda normal, mungkin ada pengaruhnya pada kebiasaan. Anda bisa mengurangi ketebalan selimut atau pakaian tidur serta menghindari konsumsi makanan pedas sebelum memejamkan mata. (Dno; Arung Budoyo; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/07/13/481/1921823/sering-berkeringat-saat-tidur-ini-lho-penjelasan-dokter)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close