Islam

Imam Besar Istiqlal Ajak Santri Proaktif Lawan Covid

(beritasatu.com)-JAKARTA; Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, mengajak komunitas Santri proaktif untuk melawan Covid-19. Santri dapat melawan Covid-19 dengan berbagai cara seperti banyak berdoa dan jadi contoh masyarakat melakukan protokol kesehatan.

 

“Jadi kalau santri pernah melakukan komando jihad mengusir Belanda, maka komunitas santri ini harus tampil untuk mengusir virus corona ini,” kata Nasaruddin, di Jakarta, (22/10/2020).

 

Selain santri, Nasaruddin mengajak masyarakat tidak pasrah pada situasi. Menurutnya, seluruh penyakit ada obatnya. Maka, pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, masyarakat tidak boleh berdiam diri, tetapi tetap selalu berikhtiar untuk mencegah dan mengobati.

 

“Pasalnya, virus atau penyakit telah ada sejak zaman nabi. Untuk itu, masyarakat diharapkan menyikapi wabah dengan mematuhi protokol kesehatan dan tetap berdoa untuk kesembuhan,” tandasnya.

 

Selain kekuatan imun, perlu kekuatan iman agar semakin kokoh meningkatkan imunitas tubuh. Pasalnya, tak cukup hanya dengan kesehatan diri dan proteksi daya tahan tubuh, tapi daya tahan iman harus kuat.

 

“Ada pembuktian di AS, orang yang beragama itu secara praktis dan riil itu justru daya tahannya itu terhadap Covid-19 ini lebih kuat dibandingkan dengan orang yang tidak punya iman, rasa sakit penyakit itu lebih terasa. Jadi iman dan imun itu harus menjadi kata majemuk,”ucapnya.

 

Dalam hal tata cara berdoa, Nasaruddin mendorong santri menjalankan Prokes untuk menjaga jarak. Untuk proses pencegahan penularan di pondok pesantren (ponpes), dia sarankan perlu ada ruang khusus untuk proses penanganan pasien Covid-19 atau penyakit apapun sehingga tidak menularkan ke santri lain. Kebutuhan ruangan ini, menurut Nasaruddin dapat memanfaatkan kelas.

 

“Kita kan punya kelas, jadi tidak semua santri masuk kelas di saat bersamaan. Misalnya yang masuk hanya kelas ganjil dan lainnya sekolah menggunakan online. Dan hal ini dilakukan bergantian,”ucapnya.

 

(Maria Fatima Bona; FR;  Bahan  dari : BeritaSatu.com dan https://www.beritasatu.com/nasional/690285/imam-besar-masjid-istiqlal-ajak-santri-proaktif-lawan-covid19 )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close