Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Senam Aerobik Virtual Bersama YFC Telkom (05-02-2021) Dan Sejarah Aerobik

Terimakasih Anda para PMP Telkom telah bergabung mengikuti Senam Aerobik virtual bersama YFC pada Jum’at 5 Februari 2021, Semoga Sehat Selalu Dan Tetap Semangat. Mungkin Anda terbiasa ikut Senam Aerobik. Tapi tahukan Anda Sejarah Aerobik?

 

Berikut dirangkum dari (Rizki Repit; https://www.google.com/amp/s/refit.co.id/sejarah-senam-aerobik/amp/) bahwa Senam aerobik itu untuk meningkatkan kesegaran jasmani yang termasuk OR preventif dan dilakukan massal. Senam ini melakukan gerakan kompleks dan continues alias berlanjut dan dengan pola gerakan dengan intensitas tinggi.

 

Gerakan senam aerobik memaksa tubuh memperbaiki sistemnya dan lebih banyak oksigen masuk dalam tubuh dengan waktu senam yang lebih panjang. Senam aerobik dapat meningkatkan detak jantung dengan gerakan teratur dan mengikuti konsep ritme musik dalam durasi tertentu.

 

Sejaran Aerobik

Senam aerobik asal dari AS (1970-an) dan masuk Indonesia 1980an. Senam ini dijadikan kegiatan kebugaran dan rekreasi dan muncul pada banyak event dan acara. Awal masuknya senam aerobik, kegiatan ini disebut fit aerobics.

 

Kepopuleran senam ini yang meningkat, dan menjadikan kegiatan senam aerobik terdiri dari trio, berpasangan, dan individu putra dan putri dalam acara nasional dan internasional. Tahun 1995 senam aerobik diakui Federation International Gymnastique dengan kejuaraan OR aerobik pertama di Paris.

 

Di Indonesia dibentuk Persatuan Senam Indonesia (PERSANI) untuk membina atlet yang akan ikut lomba senam aerobik. Tahun 2000, senam aerobik diakui dan masuk PON (Pekan Olahraga Nasional) XV di Kota Surabaya. Tahun 2005, nama sports aerobics berubah jadi aerobics gymnastic terdiri dari pertandingan single, couple trio, dan group.

 

Senam ini terdiri dari high impact aerobics (gerakan keras), low impact aerobics (ringan), discorobic, kombinasi gerakan aerobik aliran keras dan ringan, rockrobic yaitu aerobic ringan dengan gerakan rock n roll, aerobic sport perpaduan gerakan keras, ringan dan kelenturan, aerobic dance yaitu senam tarian indah, dan aerobic pakai alat seperti bangku, kursi, tongkat, pita, tali, atau bola.

 

Senam aerobic memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut ini  manfaat senam ini yang perlu diketahui.

 

Otot tubuh jadi lebih kuat

Manfaat senam ini bisa Anda dapatkan jika rutin melakukannya yaitu otot tubuh jadi lebih kuat. Dengan otot lebih kuat, Anda tidak mudah lelah dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

 

Menguatkan daya tahan tubuh

Senam aerobik masuk kegiatan OR. Seperti kegiatan OR lain, senam ini manfaatnya daya tubuh yang lebih kuat karena irama dari denyut jantung akan melancarkan aliran darah tubuh. Manfaat lain bagi tubuh adalah daya tahan jantung yang lebih kuat sehingga jantung lebih sehat.

 

Menurunkan berat badan

Layaknya kegiatan OR lain, manfaat lainnya berat badan menurun. Hal ini karena tubuh membakar lebih banyak kalori sehingga lemak tubuh akan terbakar.

 

Tubuh lebih lentur

Senam aerobik melibatkan gerakan berbagai intensitas, tubuh lebih lentur karena otot-otot persendian makin berkembang. Dengan tubuh makin lentur, kekuatan tubuh makin meningkat pula.

 

Tubuh lebih kebal

Senam aerobik juga bermanfaat berupa kekebalan tubuh lebih baik dan bisa tahan pada penyakit menular atau akibat virus dan bakteri. Selain menjalankan senam aerobik, Anda wajib menyeimbanginya dengan makan sehat dan minum air putih cukup agar kekebalan tubuh semakin baik.

 

Terlepas dari apakah para peserta Aerobik apakah Anda tahu atau tidak manfaatnya, Senam ini diikuti para PMP Telkom se Jawa Barat. Seperti biasanya pesertanya dari Klub Senam se Bandung Raya, Sukabumi dan khusus dari Klub KJS yang ikut adalah 1. Pak Djuhana; 2-Pak Tatang Kartiwa + Istri; 4-Bu Entin Rustini; 5-Pak Duinda IGN + Istri dan 7-FR (penyaji).

 

Tampak peserta baru mBak Wied (tinggal di Katapang-Wilayah Klub BaleEndah) yang rajin ikut senam yang fasilitas Yakes Area-3 Jabar  ini. Dia bersyukur bisa ikut senam ini. Dia optimis agar penyakit DM yang disandangnya bisa terkendali (tentu harus diikuti dengan selektif asupan makanannya)

 

Total pesertanya 65 orng namun Peserta lain mohon maaf catatan dan datanya pada kami kurang lengkap. Karena itu diharapkan masing masing Klub Senam agar berkoordinasi dengaann Klub KJS Tegallega atau bisa dikirimkan kepada FR (Redaktur)

(Disusun Bersama dengan H. Djuhana Klub KJS Tegallega Bandung Selatan dan FatchurR) *

Senam Aerobik Virtual Bersama YFC Telkom (05-02-2021) Dan Sejarah Aerobik

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close