Info Daerah n Opini

P2Tel Solo Jaga Kesehatan dengan Senam Sehat Chikung Dan Videonya

Sala, 11 November 2022. Aktivitas senam sekarang ini tidak hanya sebagai olahraga penunjang kesehatan. Senam juga bisa menyembuhkan penyakit tertentu, misalnya senam sehat Chikung. Konon senam tradisional asal Tiongkok ini telah berusia lebih dari 5.000 tahun.

“Senam sehat Chikung merupakan pelopor senam meditasi karena mengintegrasikan sistem pengobatan, seni bela diri, kebudayaan, spiritual, filsafat, serta menyelaraskan Yin dan Yang secara harmonis, “ujar Agus Suharto.

Agus mengatakan, dalam tubuh manusia terdapat banyak titik meridian, yaitu jalur lalu lintas energi. Bila seseorang menderita sakit, itu berarti titik meridiannya tersumbat. Fungsi dari senam sehat Chikung adalah membuka sumbatannya itu, “tambahnya.

Gerakan senam sehat Chikung sangat bervariasi. Ada 3 (tiga) gerakan dasar, semua bertujuan untuk menguatkan nafas dan memperlancar peredaran darah.

“Intinya, tetap pada seni mengolah pernapasan dengan meditasi. Ada dua jenis meditasi yakni meditasi pasif maksudnya berdiam diri dan meditasi aktif, yakni dengan menggerakkan tubuh, “papar Agus Suharto yang sudah berkali kali memandu senam sehat Chikung bersama KJS P2Tel Solo-1.

Sementara itu, Jum’at pagi ini (11/11/2022) di venue Sor Tower Gladag (Kantor Witel Solo, redaksi) dilakukan Senam Sehat Chikung Plus 10 (sepuluh) gerakan terapi.

Gerakan 1 (satu) hingga 5 (lima) gerakan aerobic halus diikuti dengan pernafasan agar tubuh menjadi lentur dan peredaran darah diseluruh tubuh lancar.

Kemudian gerakan 6 (enam) hingga 10 (sepuluh) gerakan unaerobic, untuk melatih seluruh persendian dan otot ditubuh dengan pernafasan, sehingga tulang akan menjadi kuat secara alami.

Ditambah 7 (tujuh) gerakan terapi antara lain :

  • 1. Terapi syaraf kejepit ada 3 (tiga) gerakan.
  • 2. Terapi lutut dan kaki serta persendian agar kaki tetap kuat menyangga tubuh dan menjaga keseimbangan.
  • 3. Terapi oksigen/energi, agar pasokan oksigen didalam tubuh cukup untuk menjaga kekentalan darah tetap normal dan peredaran darah lancar.
  • 4. Terapi kesehatan jantung, paru paru detoksifikasi untuk melancarkan peredaran darah ke arah kepala dan kaki.
  • 5. Terapi kekebalan tubuh, agar imunitas tubuh tetap kuat, tidak mudah capek dan tahan berbagai serangan virus.
  • 6. Terapi senam lidah, otak dan mata untuk mencegah pikun (dimensia), mengatasi sulit tidur (insomia), mengencangkan otot mata, melancarkan peredaran darah ke otak dan sebagai deteksi adanya gejala struk ringan.
  • 7. Terapi untuk nyeri di pergelangan tangan sekaligus melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh, tutup Agus Suharto.

Anda bisa mengikuti Video Youtubenya dengan mengklik dibawah ini :

(Eko RS Humas P2Tel Solo mengabarkan)-FR *

 

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close