Info Daerah n OpiniIslam

P2Tel Tangerang Slt Gelar KISPA Series 2 Online-Keutamaan dan Amaliyah Ramadhan

Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan

Marhaban Yaa Ramadhan, Istiqomah Bertabiyah Ramadhan 1444 H. P2Tel Tangerang Selatan tetap dan terus berkarya untuk anggota dengan melayani anggota sepenuh hati  yang  diaktualisasikan dalam bentuk kegiatan Kajian Intensif Selasa PAgi disingkat KISPA.

P2Tel Tangerang Selatan kembali menggelar KISPA Series 2 secara Online pada Selasa pagi, 28 Maret 2023 pk. 09.00-11.00 Wib.

Meski diselenggarakan secara online dan sedang menunaikan rangkaian ibadah puasa  namun para peserta tetap semangat dan antusias  meluruskan niat dan optimis bergabung mengikuti majlis ilmu dan hikmah KISPA ini.

Mereka tidak hanya berasal dari P2Tel Tangerang Selatan saja namun ada juga yang berasal dari P2Tel Tangerang,  Jakarta Selatan, Cianjur Jawa Barat.

Dari P2Tel Tangerang Selatan turut bergabung para senior pensiunan antara lain pak Dodi Sudjani, pak Triana Mulyatsa, pak Sri Herbowo,  pak  Aye, para pengurus dan pengawas cabang serta para PMP P2Tel Tangerang Selatan  yang beragama Islam yang terdiri dari 11 komsat yang tersebar di wilayah Tangerang Sealatan.

Pembacaan ayat-ayat suci Al Quran dan sari tilawahnya.

Pembacaan ayat-ayat suci Al Quran surat Al Baqara ayat 185 dan surat Adz Dzariyat ayat 56 dibacakan oleh Qori  Munajat dengan lantunan suara yang merdu dan menggetarkan hati  sehingga  menumbuhkan kesadaran bersama atas kebesaran dan kasih sayang Allah kepada  hamba Nya.

Adapun sebagai pembaca saritilawah adalah Prasati Iriani (Elin) yang semakin memberikan pemahaman arti atau terjemahan atas ayat-ayat suci yang dibacakan oleh Qori.

Berproses di Ramadhan beroutput insan yang bertaqwa.

Dalam kesempatan yang berharga dan mulia ini KPC P2Tel Tangerang Selatan (A. Yuri Gartina)  turut bersyukur dan berterimakasih atas keluangan waktu, tenaga dan pikiran Ustadz Munindra  Rohjani menjadi narasumber dalam acara  KISPA kali ini di sela-sela kesibukan syiar dan dakwah untuk tebarkan manfaat.

Ungkapan terimakasih juga tersampaikan atas bergabungnya para peserta KISPA dengan semangat menimba ilmu dan hikmah dari narasumber. Saat ini P2Tel Tangerang Selatan mempunyai anggota sebanyak 758 orang PMP sehingga semakin memperkuat soliditas, solidaritas dan sinergitas dalam berbagai kegiatannya.

Keutamaan dan amaliyah Ramadhan.

Alhamdulillah  Allah pertemukan dengan guru kita Ustadz Munindra Rohjani yang memiliki jam terbang mengarungi perjalanan panjang berdakwah dari masjid ke masjid, dari majlis taklim ke majlis taklim dan media dakwah lainnya dengan gaya khasnya interaktif dengan peserta dan menuliskan apa yang menjadi highlight materi yang disampaikan.

Ustadz Munindra dalam membedah keutamaan dan amaliyah Ramadhan merujuk dan memedomani Al Quran sebagai berikut :

Surat Al Baqara ayat 185

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.

Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

Surat Adz Dzariyat ayat 56

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.”

Surat Al A’raf ayat 179

“Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.”

Surat Al Ankabut ayat 45

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Surat Al Isra’ ayat 36

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.”

Surat Al A’raf ayat 204

“Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.”

Ramadhan adalah bulan latihan bukan bulan musiman.

Lebih jauh Ustadz Munindra mengingatkan dan menegaskan kembali keutamaan Ramadhan karena Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Quran sebagi petunjuk bagi manusia, penjelasan berupa berbagai ilmu dan hikmah yang terkandung di dalamnya serta pembeda antara yang hak dan yang bathil.

Di bulan Ramadhan ini juga kita diwajibkan berpuasa agar menjadi orang yang bertaqwa, memiliki sifat muttaqin : berbagi di saat lapang dan sempit, menahan amarah, menjadi orang yang pemaaf, ihsan dan sabar.

Ramadhan adalah bulan latihan bukan bulan musiman. Mari kita luruskan niat untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas bacaan Al Quran, memahaminya, mengamalkannya dan mengajarkannya.

Peserta bertanya, narasumber menjawab

Dalam kesempatan tanya jawab sebagai media yang komunikatif dan interaktif dipandu oleh Suhebsi selaku moderator, Tercatat sebanyak 6 orang penanya  dengan pointers berikut ini : tetap semangat dan optimis mempelajari Al Quran meski hanya 1 ayat dalam sehari, tidak cukup hanya membaca namun perlu ditingkatkan memahami dan mengamalkannya.

Syariat berpuasa sudah ada sebelum Rasulullah dan istilah puasa Ramadhan di zaman Rasulullah. Adapun tata cara ibadah sholat : bacaan Al Fatihah dalam sholat, menggerakan atau tidak menggerakan  jari telunjuk, jumlah rakaat dalam sholat Taraweh  dengan memperbanyak bekal ilmu tanpa menyalahkan pihak lain,

Selain itu untuk ciri-ciri mendapatkan malam lailatul qadr yang lebih penting bukan tempatnya dimana namun setelah Ramadhan apakah masih melanjutkan gemar membaca, memahami  mengamalkan dan mengamalkan Al Quran.

Akhirnya acara KISPA Series 2 secara online  ini ditutup dengan   untaian  doa yang dipimpin langsung oleh Ustadz Munindra.

Tangerang Selatan kota yang asri, banyak taman yang  mempesona.

Demikianlah acara KISPA Series 2 online   ini semoga kita jumpa KISPA online berikutnya

Indah nian kain kebaya, dipake orang pergi ke Mandalika.

Semoga ibadah amaliyah puasa kita, menjadikannya insan yang bertaqwa.

(Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-FR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close