Info Daerah n Opini

Kolaborasi PC Tangsel-Yakes Telkom Jakarta-Bersenam Pagi Bersama Sehatkan Jiwa dan Raga

(Penulis : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)

Lokasi senam pagi bersama  beda dan tak biasa.

Senam pagi bersama kali ini bukan sembarang senam pagi. Ada beberapa yang membedakan dengan senam pagi yang biasa atau rutin diselenggarakan setiap Selasa pagi antara lain :

Lokasi penyelenggaraannya di sebuah area yang berwawasan lingkungan hijau di wilayah kota Tangerang Selatan Banten yang menjadi kebanggaan dan icon Tengerang Selatan yaitu di Taman Kota 1. Lokasi Taman kota 1 Tangerang Selatan terletak  di Bumi Serpong Damai (BSD) City dengan segala fasilitas yang khas antara lain jogging track yang dikelilingi pohon yang menghijau semakin menambah kesejukan udara dan kemudahan akses serta parkir kendaraan. .

Pada hari Selasa, tanggal 25 Juni 2024 P2Tel Tangerang Selatan bekerjasama dengan Yakes Jakarta menyelenggarakan senam pagi bersama yang diikuti oleh PMP P2Tel Tangerang Selatan yang terdiri dari 11 Komsat.

Tepat pk 07.00 Wib pemandu senam pagi bersama mengajak kumpul membentuk barisan dan menjaga jarak nyaman gerak untuk melakukan pemanasan lebih dahulu.

Hadir di acara ini KPC P2Tel Tangerang Selatan (A. Yuri Gartina) beserta para pengurus, para senior dan PMP P2Tel Tangerang Selatan antara lain pak Dodi Sudjani, pak Triana Mulyatsa, pak Sri Herbowo, pak Agus Yekti Edi, pak Rochadi, pak Machsus, pak Amsjarudy, bu Nunik dan peserta bapak ibu lainnya.

Banyak wajah baru semangatpun baru. A. Yuri Gartina KPC P2Tel Tangerang Selatan bersyukur dan berterimakasih kepada Yakes Telkom Jakarta yang telah mendukung rangkaian acara senam pagi bersama ini kemudian dilanjutkan dengan edukasi dan konsultasi  seputar kesehatan serta layanan pemeriksaan Kesehatan  seperti pengukuran tensi, kadar gula dan lainnya.

Dalam kesempatan ini banyak wajah baru yang hadir sehingga semangatpun baru turut memeriahkan acara senam pagi bersama. Harapan kita acara ini bisa tetap dan terus dilanjutkan serta  didukung oleh Yakes  Telkom Jakarta dan kehadiran para peserta.

Dari pemanasan, fun walk senam pagi bersama dan seputar pemeriksaan kesehatan. Bu Bunga berduet dengan pak Agus Yekti Edi memandu rangkaian acara  senam pagi bersama dengan semangat dan menyemangati peserta yang hadir yang luar biasa antusiasnya.

Dimulai dengan pemanasan peserta melakukan gerakan ringan yang di deretan depan didominasi oleh peserta ibu-ibu kemudian disusul peserta bapak-bapak di barisan belakangnya, Usai gerakan pemanasan para peserta diajak fun walk mengitari rute jogging track  area Taman Kota 1 yang teduh berhias pepohonan hijau.

Sepanjang perjalanan fun walk para peserta menikmati udara segar Taman Kota 1 dan saling bertukar pengalaman dan atau cerita satu sama lainnya. Ada yang bercerita  pernah satu angkatan ketika bertugas kunjungan ke luar negeri, ada yang sama-sama pernah bertugas di Telkom Kalimantan, di Telkom Jakarta, di Telkom Tangerang dan lokasi kerja lainnya, ada yang cerita lokasi rumah tempat berdomisili dan ada juga yang cerita  satu alumni ketika mengikuti pendidikan.

Ada sebuah pengalaman yang menarik dan unik ketika seorang PMP P2Tel Tangerang Selatan yang berkisah menikmati masa purnabakti ini dengan kegiatan kebersamaan melalui komunitas tertentu antara lain aktivitas PERJAKA alias PERkumpulan JAlan Kaki yang dilakukan pada hari tertentu dengan tujuan yang bervariasi dengan suasana yang baru.

Ada lagi aktivitas MEOK yang berarti Makan Enak Omong Kosong dengan pengertian yang positif seperti menikmati secangkir kopi di lokasi tertentu sambil berbincang ringan dalam suasana kebersamaan.

Usai fun walk acara dilanjutkan dengan senam inti dengan suasana fun & happy yang diiringi dengan musik yang bersemangat dan gerakan fisik yang diharmonisasikan dengan usia para peserta oleh pemandu senam yang memiliki jam terbang di beberapa lokasi senam baik internal P2Tel Tangerang Selatan maupun eksternal P2Tel Tangerang Selatan.  Meski keringat mulai mengucur namun semangatnya tak pernah kendur dengan diwarnai dresscode kaos bermotif  putih.

Testimoni bukan janji tapi bukti. 

Menurut testimoni  yang disampaikan oleh bu Dwi Wahyuni dari Wellness Yakes Telkom Jakarta bahwa Yakes Telkom Jakarta selama ini berusaha menjalin silaturahmi, melakukan edukasi, monitor dan evaluasi terhadap perkembangan kesehatan khususnya para pensiunan Telkom termasuk PMP P2Tel Tangerang Selatan.

Kegiatannya  ada senam, jantung sehat (program KJS), tera, pemeriksaan asam urat, diabetes, terapi. prolanis dan beragam  webinar. Di acara ini  ini sedang bergabung dengan KJS Tangerang Selatan.

Menurut bu Dwi Wahyuni bahwa brandname kegiatan ini adalah  fun walk yang dikombinasikan dengan senam yang berfungsi untuk melatih jantung dengan cara berjalan kaki.

Hadir dalam kesempatan yang berharga ini Tim ahli gizi   Yakes Telkom Jakarta dengan melakukan edukasi nutrisi yang sesuai,  makanan yang dikonsumsi dan  aktivitas yang dilakukan untuk menjaga tetap sehat.

Dengan silaturahim   seperti ini  bisa saling kenal dan sambil berolahraga kemudian  bisa dilanjutkan tes gula darah dan  konsultasi kesehatan.

Ketika ditanya apa yang dirasakan terhadap penyelenggaraan acara ini maka secara spontan merasa bahagia banget karena para peserta sangat  antusias dan semangat banget.

Upaya menjaga tetap sehat oleh para pensiunan Telkom ini menjadi cermin dan inspirasi  bagi Tim Yakes Telkon Jakarta yang masih relatif muda ingin rasanya  tetap sehat seperti sehatnya para  PMP P2Tel Tangerang Selatan.

Di akhir testimoni menyampaikan pesan untuk  menjaga hidup tetap sehat dengan melakukan aktivitas yang sehat, mengkonsumsi nutrisi yang sehat  dan istirahat yang cukup. Selain itu harus tahu kemampuan kesehatan kita masing-masing.

KJS  P2Tel Tangerang Selatan dalam acara ini menyampaikan  harapan kebersamaan ini tetap dan terus terjaga serta tetap sehat di usia lansia. Selanjutnya berpesan sering-seringlah berolahraga sehingga kita tetap sehat jasmani dan rohani.

Demikian juga bu Nunik mewakili peserta ibu-ibu menyampaikan rasa haru  dan sekaligus surprise bisa kumpul bersama sambil berolah raga senam bersama. Menikmati menu sehat seperti ubi rebus bersama-sama di tempat terbuka dan hijau.

Pesan yang disampaikan acara ini berharap bisa tetap dilanjutkan dengan lokasi yang berbeda dengan suasana baru dan semangat baru. Sebagai penutup  tesmoni peserta menggaungkan yel-yel  Telkom Jaya. P2Tel Sejahtera. Tangsel Rumah kita.

(Penulis : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-FR *

Tulisan Lainnya :

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close