Info Daerah n OpiniIslam

Binroh Islam P2Tel Solo-Muharram Bulan Pertama Kalender Hijriyah Memiliki Makna Penting bagi Umat Islam

Pengantar

“Pahala dari ibadah yang dilakukan selama bulan Muharram akan dilipatgandakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjadikannya waktu yang sangat istimewa untuk memperbanyak amal ibadah.”

“Dalam berbagai riwayat, telah disampaikan bahwa ibadah di bulan ini memiliki keutamaan yang luar biasa dan pahalanya dilipatgandakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.”

Itulah mukadimah yang disampaikan pemateri pengajian P2Tel Solo Ustadz H Moch Widodo, MPd di Masjid Assalam Telkom Witel Solo Sabtu (13/7/2024).

Sementara itu, Ketua Binroh Islam P2Tel Solo Drs H Djumono/Nik.530826 melaporkan, “Binroh Islam pagi ini dihadiri sekitar 40 peserta dengan antusias menyimak paparan Ustadz H Moch Widodo, MPd mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai pukul 09.30 WIB, “tandasnya.

Anjuran di Bulan Muharram

Pada kesempatan ini Ustadz H Moch Widodo, MPd menjelaskan, “Selain peristiwa hijrah, bulan Muharram juga dihiasi dengan hari yang istimewa, yaitu hari Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram, di mana berbagai amalan dianjurkan untuk dilakukan, “tandasnya

Dalam menyambut bulan yang penuh berkah ini, umat Islam di seluruh dunia merayakannya dengan penuh suka cita dan kekhusyukan.

Mereka menjalankan berbagai amalan yang dianjurkan, seperti berpuasa dan memperbanyak ibadah, untuk meraih keberkahan pada bulan Muharram.

 

Keutamaaan Bulan Muharram

Lebih lanjut Ustadz H Moch Widodo, MPd mengatakan, “Sebagai bulan pertama dalam penanggalan Islam, Muharram memiliki banyak sekali keistimewaan yang tidak bisa diabaikan.

Bulan ini begitu penting dan mulia dalam pandangan umat Islam, karena di dalamnya terdapat berbagai peristiwa dan amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam, “jelasnya.

Keutamaan bulan Muharram telah ditegaskan dalam berbagai sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam.

Beliau menjelaskan betapa istimewanya bulan ini dan menganjurkan umat Islam untuk meningkatkan ibadah serta ketaatan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala selama bulan tersebut.

Salah satu sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam yang menggambarkan keistimewaan bulan Muharram:

“Sesungguhnya, zaman berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. 1 tahun ada 12 belas bulan, di antaranya 4 empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan, yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadil Tsani (Jumadil Akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari dan Muslim), “tutup Ustadz H Moch Widodo, MPd.

Semoga Anggota P2Tel Solo selalu istiqomah di jalan-Nya.

(Eko RS Solo mengabarkan) – FR*

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close