Info Daerah n Opini

Survey Kepuasan Partisipan Khitanan Massal 2024 di Tangsel-Tembus Indeks Kepuasan 90.11%

Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan

Kolaborasi tingkatkan pelayanan tiada henti.

Pelayanan menjadi key succes factor (faktor kunci keberhasilan) penyelenggaraan Khitanan Massal 2024. Evaluasi terhadap layanan Khitanan Massal 2024  sebagai solusi untuk mengetahui sejaumana tingkat kepuasan partisipan   menjadi dasar peningkatan kualitas pelayanan ke depan. Suara partisipan Khitanan Massal  menjadi pertimbangan utama untuk meningkatkan pelayanan sehingga penyelenggaraan Survey Kepuasan Partisipan Khitanan Massal  menjadi pertimbangan utama dan menawarkan alternatif solusinya .

Harmoni dalam keberagaman.

Berangkat dari kebutuhan  dan semangat perbaikan secara bekelanjutan maka Panitia Pelaksana Khitanan Massal  berinisiasi dan beraksi dengan semangat kebersamaan manfaatkan potensi yang ada  melakukan survey partisipan Khitanan Massal.

Para partisipan merupakan responden dalam survey yang merefleksikan upaya harmoni dalam keberagaman. Tujuannya adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar tingkat kepuasan partisipan terhadap layanan penyelenggaraan Khitanan Massal yang digelar pada Sabtu, 24 Agustus 2024 di gedung Grha Telkom Witel Banten Lantai 7.

Selain itu untuk mengetahui seberapa besar atribut kualitas layanan penyelenggaraan Khitanan Massal dalam memuaskan representatif partisipan atau responden yang terdiri dari para pendamping peserta khitan dan bukan pendamping.

Penting juga tujuan dari survey ini adalah  untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kinerja penyelenggaraan Khitanan Massal berdasarkan atribut kualitas layanan.

SerQual knowledge & experience base.

Layaknya sebuah fungsi dan peran  penelitian dan pengembangan maka survey inipun menggunakan pendekatan atau metodologi dengan pendekatan SerQual (Service Quality Approach).

Instrumen riset dalam survey ini  menggunakan atribut pelayanan berupa kuisioner yang didesain mulai dari data responden, pertanyaan tertutup (multiple choice) dengan skala likert 1 s.d 5   dan pertanyaan terbuka untuk menjaring suara dan atau aspirasi partisipan.

Analisa Kuantitatif. 

Dari hasil olah dan analisa data survey Khitanan Massal  ini telah dipresentasikan oleh Suradi selaku Ketua Panitia Pelaksana Khitanan Massal dan Santunan Pensiunan Prasejahtera 2024 pada rapat evaluasi pelaksanaan Khitanan Massal dan rencana berikutnya.

Diperoleh data skor rata-rata 4.51 terhadap seluruh atribut pelayanan dalam kuisoner  sehingga tingkat kepuasan hasil survey kepuasan partisipan Khitanan Massal 2024 yang perdana ini  sebesar 90,11% sehingga masuk dalam kategori Sangat Baik.

Hal menjadi menjadi tantangan dan sekaligus peluang untuk pengembangan penyelenggaraan Khitanan Massal periode berikutnya.

 Analisa Kualitatif.

Berdasarkan rekap pertanyaan terbuka dikelompokkan dalam 4 aspek.

Pertama, aspek  people (Pelayanan dokter dan petugas yang ramah dan bersahabat dengan anak).

Kedua aspek tools (Penambahan kursi ruang tunggu dan penambahan  marka arus proses).

Ketiga, aspek process  (Pengaturan tata ruang sesuai arus proses, registrasi dibuat 2 baris, usulan materi kuisioner tentang usia dan pendidikan ditiadakan, diselenggarakan pada saat liburan sekolah, tempat penyelenggaraan tidak jauh dari tempat tinggal peserta khitan).

Keempat aspek recognition berupa ucapan terimakasih, apresiasi, harapan dan doa (Selama 10 tahun ikut khitanan massal baru kali ini pelayanannya yang terbaik, membantu yang kurang mampu, terimakasih kepada panitia dan penyelenggara, harapan dan doa bisa diadakan minimal setahun sekali secara rutin,

Harapan mereka juga harapan kita  mari  pertahankan yang sudah baik ini, hadapi tantangan sebagai peluang perbaikan dan pengembangan,  bersama  berkarya untuk mewujudkan anggota yang sehat dan sejahtera.

Survey Kepuasan Partisipan Khitanan Massal sebagai siklus PDCA.

Layaknya sebuah siklus PDCA maka rangkaian kegiatan survey ini dimulai dengan persiapan yang mencakup kegiatan pembentukan tim kecil (Suradi sebagai koordinator, dengan anggota Benny, Eko Yulianto,  Suhirman, Dani), pembuatan kuisioner, penetapan kriteria responden, edukasi dan publikasi.

Kemudian pelaksanaan meliputi sosialisasi interaktif, distribusi kuisioner, pengumpulan hasil isian kusioner. Setelahnya melakukan olah dan analisa data, evaluasi dan pelaporan.

Sebagai ikhtiar untuk tetap konsisten maka kegiatan yang kali pertama dan in syaa Allah akan dilanjutkan pada periode berikutnya. Tiada hari tanpa perbaikan kualitas pelayanan.

Lebih lanjut KPC P2Tel Tangerang Selatan (A. Yuri Gartina) mengapresiasi kegiatan survey kepuasan partisipan Khitanan Massal ini sebagai potret penyelenggaraan Khitanan Massal dan membangun semangat untuk menerima feedback menurut perspektif pertisipan serta menindaklanjutinya guna pengembangan acara sejenis periode  berikutnya.

Alhamdulillah berdasarkan indeks kepuasan pelaksanaan khitanan massal sudah baik, mudah-mudahan untuk pelaksanaan selanjutnya bisa lebih baik lagi minimal bisa mempertahankan pencapaian indeks kepuasan saat ini.

Pake mobil kecil pergi ke wisata, bawa makanan kecil jangan sampe lupa.

Bila acara ini berhasil adalah prestasi bersama, bila ada yang belum berhasil menjadi tantangan kita.

Tanpa kekasih sungguh kesepian.

Terimakasih cukup sekian.

(Kiriman : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-FR*

Survey Kepuasan Partisipan Khitanan Massal 2024 di Tangsel

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close