Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Yoga YWC Yakes Telkom(27-03-2023) Dan Alarm Tubuh

Semangat Pagi! YWC kembali membuka jadwal kelas mingguan. Yuk ikuti olahraga virtual hari Senin, 27 Maret 2023 Kelas Yoga (08.00 WIB; Gusti Puspa) dan seterusnya. Itulah pemberitahuan undangan Senam yang umumnya saya terima sehari sebelumnya

Pada jadwal tersebut peserta anggota KJS BLA Bandung selatan masih bertahan dengan jumlah tidak banyak. Hanya tiga anggota yaitu FR, Esih Sukaesih dan Rustin. Ketiganya melengkapi  total yang ikut yaitu 39 Akun (pada amatan jam 08.21)

Dibawah komando mBak Gusti Puspa Pembayun dari Regional II Jabodetabek, Senam Yoga ini Alhamdulillah berjalan mulus dan cukup buat bekal olah fisik selama 30 menit di bulan puasa Ramadhan ini.

Anda malas malasan ikut Senam? Bisa jadi itu adalah tanda tubuh (sebagian menyebut Alarm tubuh), yang perlu ditelusur kenapa dan cara mengatasinya. Yang terbaik konsul ke dokter. Apalagi sekarang kian mudah berkonsultasi ke dokter secara online

Contoh lainnya Saat mengantuk, tubuh ini berucap “Aku Ingin Tidur”. Jawaban awal bisa dari diri sendiri. Cobalah Jangan dibungkam dengan kopi dan minuman stimulan. Alarm tubuh ini   perlu kita kelola dengan baik.

Varian lain bertalian dengan Alarm tubuh cuplikan dari Hellosehat :

Anda mungkin mengabaikan tanda gangguan  kesehatan(alarm tubuh) yang umum misal pusing, sesak napas, atau nyeri dada. Bisa jadi ini pertanda kondisi atau penyakit serius.

Alarm serius

Saat sakit, tubuh memberi sinyal dan memperingatkan agar segera konsultasi dengan dokter. Gejalanya bisa bervariasi, dari ringan seperti pusing atau sakit kepala hingga yang serius, misalnya nyeri dada, batuk atau muntah darah. Berikut masalah kesehatan serius:

1-Nyeri dada

Rasa nyeri pada dada bisa bda beda. Nyeri mungkin terasa seperti denyutan yang intens, rasa sakit disertai panas seperti terbakar, hingga nyeri menusuk. Nyeri ini identik dengan masalah kesehatan jantung. Namun, gejala gangguan ini bisa berkaitan dengan pencernaan, seperti heartburn.

Segeralah ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Apalagi nyeri yang menjalar ke lengan, mual, muntah, sesak napas, dan keringat dingin

2-Sesak nafas

Berbagai kondisi dapat menyebabkan sesak napas, dari obesitas, stroke, pembekuan darah, asma, hingga infeksi paru-paru. Kondisi ini bisa jadi tanda Anda memiliki gangguan kesehatan serius bila terjadi secara tiba-tiba dan parah.

3-Sakit ke[ala parah

Sakit kepala yang muncul tiba-tiba dan terasa parah tidak bisa disepelekan sehingga Anda wajib langsung berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, sakit kepala hebat hitungan menit/detik bisa jadi pertanda pecahnya pembuluh darah di otak.

4-Darah pada urin

Saat urine kemerahan, berhati-hatilah karena ini bisa menandakan penyakit batu ginjal.

Adanya darah dalam urine dan sensasi terbakar ketika kencing bisa jadi pertanda Infeksi saluran kemih atau ginjal.

5-Perubahan kebiasaan buang air besar (BAB)

Ada orang bisa BAB 1x sehari, tetapi ada pula yang 2x sehari. Gejala gangguan saluran cerna bisa dilihat dari perubahan kebiasaan BAB. Ini termasuk frekuensi yang berubah, feses berdarah atau hitam, hingga diare atau sembelit. Amati dan segera ke dokter

6-Penurunan berat badan tiba tiba

Anda mungkin bahagia saat berat badan turun tanpa usaha ekstra, diet dan olahraga.

Namun, penurunan berat badan secara tiba-tiba juga bisa menjadi pertanda masalah kesehatan serius. Anda lebih baik konsultasi dengan dokter bila terjadi penurunan berat badan lebih dari 4,5 kg atau 5% dari berat badan Anda selama 6–12 bulan terakhir.

Karena bisa disebabkan oleh gangguan tiroid, diabetes, kanker, depresi, hingga gangguan penyerapan gizi.

7-Batuk atau muntah darah

Tenggorokan kering kadang memicu batuk berdahak. Jika batuk darah berkepanjangan bisa jadi gangguan paru-paru, seperti bronkitis, tuberkulosis (TBC), atau kanker paru.

Segeralah ke dokter

8-Ganguan penglihatan

Gangguan penglihatan tiba-tiba dapat disebabkan cedera, misalnya karena kecelakaan atau pukulan pada area kepala. Pandangan kabur/ hilangnya penglihatan dalam hitungan detik juga bisa terjadi akibat komplikasi diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi.

Selain itu, kilatan cahaya dan bintik terang kadang jadi gejala migrain atau ablasi retina. Segera konsultasi dokter mata untuk memastikan diagnosis Anda.

9-Bingung dan gangguan mental

Selain gangguan kesehatan fisik, Anda  perlu perhatikan gejala berkaitan kondisi mental.

Segera konsultasikan dengan dokter bila Anda merasakan kebingungan, kesulitan berpikir jernih dan fokus, hingga perubahan perilaku.

Gangguan kesehatan mental ini bisa disebabkan oleh seperti stres, depresi, dan kecemasan

Mengetahui kondisi tubuh sedari awal mampu mencegah keparahan dan komplikasi penyakit. Jangan ragu segera konsultasi dokter Anda untuk diagnosis dan penanganan yang tepat

Salam Sehat Tekad Kita, Melayani dengan Cinta

(Djuhana; KJS BLA Tegallega)-FatchurR *

Yoga YWC Yakes Telkom(27-03-2023) Dan Alarm Tubuh

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close