Islam

Hafiz cilik Indonesia gemakan Ayat Suci di MTQ Internasional Moskwa

(beritasatu.com)-MOSKWA; Lantuan ayat2 suci Alquran yang dibawakan 2 hafiz cilik Indonesia, M. Ghozali Akbar (10) dan Kamil Ramadhan (11), menggema di acara MTQ Internasional Moskwa ke-19 (19th Moscow International Quran Reciting Competition) kategori hafiz atau hafalan di Moskwa, Rusia.

 

Ke-2 hafiz cilik Indonesia ini tamu undangan khusus Dewan Mufti Rusia. “Kami datang dari Indonesia ke Moskwa ingin memberi hal berharga, berupa cinta kasih dan lantunan ayat2 suci Alquran pada Minggu (21/10)” kata Ike Muttaqin, Ketua Yayasan Wakaf De Muttaqin Pesantren Yatim Tahfizil, dalam siaran pers KBRI Moskwa yang diterima di Jakarta (24/10).

 

Lebih dari 6.000 orang hadir di acara itu yang umumnya masyarakat muslim Rusia di Moskwa yang memenuhi gedung Crocus City Hall. Hadir pula para tamu undangan dari berbagai kalangan, termasuk korps diplomatik. Para penonton menyaksikan kepiawaian Ahmad dan Kamil dalam hafalan Alquran.

 

Surat yang dibaca hafiz cilik ini Surat Ar-Rahman Ayat 1-40. Banyak di antara yang hadir merasa terharu, bahkan ada yang menitikkan air mata tidak hanya karena mendengar lantunan dan kemampuan yang dimiliki hafiz2 cilik ini, tapi juga latar belakang kehidupan mereka yang diketahui dari tayangan singkat.

 

Ahmad anak yatim dan mulai belajar baca Alquran sejak usia (8) dan dalam waktu 8,5 bulan berhasil menghafal 30 juz Alquran. Kamil juga anak yatim bahkan sempat menjadi pengemis. Kamil mulai menghafal Alquran sejak usia (8) dan berhasil hafal 30 juz dalam waktu 6,5 bulan.

 

Kedua hafiz cilik ini selain hafal Alquran, juga hafal nomor dan nama surat, nomor ayat, nomor halaman dan urutan baris yang dibaca. Ahmad pernah juara pertama dan Kamil juara ke-3 lomba Hafiz Indonesia 2017. Pada lomba Hafiz Internasional 2018 di Jeddah, Ahmad juara ke-3 dan Kamil di posisi ke-6.

 

Pada akhir acara MTQ Internasional Moskwa ke-19 itu, Ahmad-Kamil dapat banyak ucapan selamat dari penonton yang menghampirinya. Saking terharu dan kagum, orang2 memberikan sedekah kepada kedua hafiz cilik Indonesia, dan ada yang ingin membelikan pakaian. Tidak sedikit di antara mereka yang mengabadikan momen ini dengan foto bersama atau swafoto.

 

Ike Muttaqin bersyukur atas keikutsertaan dua hafiz cilik Indonesia dalam MTQ di Moskwa. Ketua Yayasan Wakaf De Muttaqin Pesantren Yatim Tahfizil ini berharap kiprah Ahmad dan Kamil menginspirasi dan motivasi kepada orang lain untuk lebih mencintai Alquran dengan banyak membaca, menghafal dan mengamalkannya.

 

MTQ Internasional Moskow ke-19 diselenggarakan Dewan Mufti Rusia pada 18-21/10/ 2018 dan diikuti oleh 33 peserta dari 33 negara. Di antara negara2 seperti Rusia, Bosnia Herzegovina, Serbia, Turki, Mesir, Yordania, Irak, Iran, Qatar, Saudi Arabia, Kuwait, Uni Emirat Arab, Palestina, Suriah, Tunisia, Yaman, Tanzania, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Uzbekistan, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Indonesia. Babak kualifikasi dilangsungkan di Masjid Agung Moskwa.

 

Indonesia diwakili oleh Muhamad Adbul Faqih dari Jawa Tengah. Meskipun belum berhasil menjadi yang terbaik, kehadiran wakil Indonesia melalui Kementerian Agama itu turut menyemarakan lomba dan mempererat ukhuwah Islamiah.

 

Pada lomba kali ini, juara pertama diraih oleh Al-Awsagi Abdulhakim dari Yaman, peringkat kedua oleh Muhammad Abdulkadir dari Tunisia, dan posisi ketiga oleh Waleed Al Marzouqi dari Uni Emirat Arab. Salah satu dewan juri MTQ adalah Said Aqil Husin Al Munawar dari Indonesia yang pernah menjabat Menteri Agama 2001-2004.

 

Dubes RI untuk Rusia merangkap Republik Belarusia, M Wahid Supriyadi yang hadir diacara puncak MTQ ini menyampaikan apresiasi tinggi pada Tim Indonesia, baik peserta, dua hafiz cilik, pendamping, dan perwakilan juri. Menurut Dubes Wahid, keikutsertaan ini lebih mendekatkan, tidak hanya hubungan antara bangsa Indonesia dengan Rusia, tetapi juga antara sesama masyarakat muslim di dunia.

 

“Untuk pertama, panitia mengundang 2 hafiz cilik Indonesia dan ini pengakuan luar biasa” kata Dubes Wahid. Rusia negara berpenduduk muslim terbesar di Eropa berjumlah 25 juta orang atau 17% dari seluruh penduduk Rusia. Islam agama yang berkembang dan ada lebih dari 7 ribu masjid di Rusia. (Asni Ovier; Bahan dari : BeritaSatu.com  dan http://www.beritasatu.com/nasional/518383-hafiz-cilik-indonesia-gemakan-ayat-suci-alquran-di-mtq-internasional-moskwa.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close