Kesehatan

Merokok memperparah dengkur

KOMPAS.com – Merokok bukanlah kebiasaan yang baik bagi kesehatan. Dari sisi kesehatan tidur pun demikian. Merokok ternyata memperparah dengkur. Hal ini karena merokok terbukti mengganggu proses tidur akibat efek nikotin yang bersifat stimulan seperti kopi.

 

Selain itu asap rokok ternyata juga mengganggu saluran nafas hingga memperburuk ngorok hingga sleep apnea. Sleep apnea atau henti nafas saat tidur adalah gangguan kesehatan yang diderita luas, namun masih belum cukup dikenali masyarakat.

 

Ciri utama sleep apnea, berupa kebiasaan mendengkur yang luar biasa keras dan iramanya, namun sering masih dianggap hal biasa. Padahal, sleep apnea sudah dikenal menjadi penyebab hipertensi, stroke dan masalah kardiovaskular. Selain itu juga bisa menyebabkan pasangan hidup perokok stres berat..

Faktor-faktor resiko sleep apnea antara lain: pria, obesitas, sempitnya saluran nafas, genetik serta bentuk rahang yang tak normal. Kini terbukti, ternyata ada satu lagi penyebab yang signifikan, yaitu: kebiasaan merokok…

Terserah kita. mau berhenti merokok, atau lanjutkan. (Agus Suryono)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close