Psikologi

Rain cover lindungi tas

Di musim hujan seperti sekarang ini, tentunya bagi Anda yang senang berpergian akan menjadi kendala. Salah satu kendala yang sering dikeluhkan tentunya adalah basah.

Karenanya, Anda perlu rain gear dalam setiap perjalanan selalu berusaha untuk stay dry, supaya tidak gampang masuk angin dan direpotkan dengan baju yang basah. Rain gear yang dimaksud di sini adalah jas hujan, rain cover untuk ransel atau koper, dan sepatu boots tahan air.

Datangnya hujan yang tidak menentu membuat Anda harus berhati-hati menjaga diri Anda, dan juga menjaga barang-barang Anda agar tidak kebasahan. Lindungi barang berharga dalam tas anda, agar kenyamanan perjalanan Anda tidak terganggu.

Kalau cuaca di tempat tujuan tidak menentu, sebaiknya membawa rain cover untuk ransel atau koper. Gulung pakaian menjadi kecil-kecil, lalu atur rapi. Gulungan pakaian bisa diikat dengan selotip atau karet. Bila kita membawa ransel, kendati ransel memiliki rain cover, sebaiknya masukkan pakaian ke kantong plastik untuk traveling, yang bisa ditemukan di toko-toko yang menjual peralatan traveling. Cara ini bertujuan untuk melindungi pakaian agar tidak basah saat hujan dan juga lebih mudah mencarinya ketika dibutuhkan.

Luggage Cover
Untuk Anda yang menggunakan koper, selain untuk fungsi, Anda bisa terlihat lebih fashionable, dengan aneka motif dari luggage cover. Untuk Anda yang melakukan perjalanan ke Eropa, benda ini sangat berfungsi untuk menghalau hujan dan salju, selain itu juga menghindari dari kotoran.

Selain untuk melindungi, luggage cover juga memiliki fungsi untuk keamanan, karena akan membantu melindungi koper meskipun resletingnya rusak. Luggage cover juga berfungsi untuk mengidentifikasikan barang Anda, ketika hendak mengambil dari bagasi pesawat. Sangat mudah digunakan, mudah dilepas, ringan dan mudah dicuci.

Motif luggage cover yang beredar di pasaran pun beragam. Dari mulai warna-warna terang seperti pink dan biru, hingga black-gold yang elegan disertai motif-motif menarik, dari motif bunga, motif leopard, hingga polkadot, pastinya perjalanan jauh Anda akan lebih mengasyikan. Selain motif-motif unik tersebut, ada juga luggage cover tanpa motif atau transparan. So, choose your cover and show your style!

Carrier
Untuk Anda yang suka mendaki gunung, pasti selalu membawa carrier. Salah satu cara menjaga agar carrier tetap bersih dan terawat dengan baik, maksimalkanlah rain cover. Tidak perlu menunggu hujan turun untuk memakai rain cover di carrier. Jadi sebaiknya ketika Anda membeli carrier, pastikan juga membeli rain cover-nya. Jangan sampai Anda menyesal karena menyepelekannya.

Memang agak sulit mencari yang warnanya menarik, kebanyakan hanya berwarna hitam saja. Tapi memang ada baiknya Anda mencari yang berwarna mencolok, atau yang terlihat, seperti biru, merah, orange, kuning, biar tidak samar dengan pepohonan di gunung.

Tidak sedikit carrier yang rain cover-nya dijual terpisah, positifnya, pembeli dapat lebih leluasa memilih merk dan model sesuai selera.

Pemakaian rain cover pada carrier tentunya punya banyak manfaat, selain menjaga agar carrier beserta isinya tidak basah kuyup terguyur hujan, selain itu menjaga carrier dari goresan-goresan ranting, serta kotoran yang bisa menempel di bagian luar carrier (lumpur atau tanah). Lebih baik nantinya Anda mencuci rain cover dari pada mencuci carrier Anda, tentunya lebih efisien dan tidak merepotkan.

Ada raincover yang jahitannya biasa dan yang menggunakan seam seal, yang dengan seam seal, umumnya lebih waterproof di bagian jahitan. Pastikan Anda membeli rain cover dengan kualitas bagus, yang bahannya asli waterproof, jangan sampai tertipu hingga ketika hujan besar datang, tetap tembus dan membuat isi dalam tas Anda kebasahan.

Shinta Agustin (23 tahun) yang gemar naik gunung mengungkapkan bahwa rain cover sangat bermanfaat digunakan ketika sedang hiking.

“Tapi kalau kelamaan kena hujan deras, lama-lama rembes juga, tapi kalau nggak pakai sama sekali, bisa basah banget ke dalam tas, selain juga bisa lindungin carrier dari kotoran, bisa dipakai juga buat ngelap dalam tenda. Dan fungsi banget kalau pas lagi kabut, pakai rain cover tuh kita bakal kelihatan dari jauh, karena itu biasanya untuk carrier gunung dipakainya yang warnanya mencolok. Kalau kepepet juga bisa buat kepala, atau alas duduk di stasiun kalau lagi backpacker-an”, ungkap Shinta.

Untuk ukurannya, menurut Shinta, pilih sesuai ukuran ransel. Bisa 25 L, 45 L, 60/65 L, dan 85 L. Bentuk dari rain cover ini pun bermacam-macam. “Ada yang nutupin depannya doang, terus biar nggak lepas ada tali perekat, ada tali pengait atau pengencang jadi mantap menempel di tas. Ada juga yang nutupin semuanya, kalau tasnya disimpen di hostel pas backpacker-an bisa diresletingin semua, gendongan yang buat ke bahu juga dimasukin, plus digembok, biar aman, kadang kan backpacker-an suka tidur di stasiun, jadi tinggal dibungkus dan digembok, kalau masuk bagasi pesawat juga bisa digembok,” terang Shinta.

Untuk harga, tergantung merknya. Kalau yang biasa, untuk 25 L kira-kira 35 ribu rupiah. Di atas itu, sekitar 50 ribu rupiah. Namun, untuk merk-merk luar biasanya dibanderol dengan harga lebih mahal. Semakin besar ukuran dan semakin bagus merk, maka akan semakin mahal.

Tank Bag
Penunggang motor sport mulai dari pelajar sampai pekerja pasti memerlukan media untuk membawa barang bawaan. Alternatifnya ada beberapa diantaranya yaitu pasang box dimotor atau membawa tas. Jika dirasa menggendong tas ransel (backpack) akan membuat Anda lelah untuk perjalanan jauh ada pilihan lain yakni memakai tank bag.

Tank bag terlihat seperti tas pada umumnya namun dibagian belakang terdapat magnet untuk menempelkan pada tangki. Tank bag sangat bermanfaat terutama untuk rider “mobile” yang sering membawa barang, apalagi jika bawaannya agak berat dan rute yang jauh atau macet.

Ukurannya bervariatif dari yang kecil sampai yang bisa menampung helm fullface. Agar tidak kehujanan, pastikan ada rain cover. Untuk rain cover tank bag hendaknya juga transparan sehingga pengendara masih dapat melihat peta atau GPS saat kondisi hujan. (arm/R-4; http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/110539)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close