Islam

Zakat untuk Perang Pemikiran

Dalam suatu pengajian dikaji satu hadits riwayat Tirmidzi bahwa Rasul Saw bersabda “Shodakoh yang terutama adalah menyiapkan tenda yang bisa dipakai berteduh saat berperang di jalan Alloh, atau menyiapkan kendaraan untuk berperang di jalan Alloh”.

Oleh pengasuh pengajian disampaikan Shodakoh dijalan Alloh (fii shabilillah) dalam hadits ini bisa diartikan zakat, sehingga bisa memperkuat pendapat Yusuf Qhordhowi, zakat bisa dimanfaatkan untuk pengadaan / pembangunan sarana seperti masjid, madrasah / sekolah dsb, bahkan Yusuf Qhordhowi menyampaikan zakat bisa dimanfaatkan untuk sarana umum misalnya jalan atau irigasi.

Selanjutnya disampaikan, dalam konteks kini, perang tidak hanya perang fisik, tapi ancaman terbesar adalah perusakan akidah Islam berupa perang pemikiran (Ghozwul Fikri), hal ini bisa dilihat/dibaca dalam berbagai tulisan bagaimana fihak yang tidak senang kpd agama Alloh. Semua ini adalah upaya mereka untuk melemahkan akidah umat Islam, bahkan di lingkungan Islam sendiri muncul pemikiran yang bisa menyesatkan.

Untuk melakukan perang pemikiran diperlukan sarana dan pelaku, hingga dana zakat bisa dimanfaatkan untuk biaya pendidikan untuk mencetak umat yang mempunyai semangat / ghiroh ingin menegakkan akidah Islam sesuai dengan tuntunan Qur’an dan Sunnah Rasul, atau membuat perpustakaan yg berisi buku pencerahan penangkal ajaran sesat dan menyesatkan, bahkan bisa untuk mensponsori ulama yang ingin menulis buku berisi hujah untuk melawan hujah kaum yg tidak menyenangi Agama.

Kesimpulannya, banyak yg bisa dilakukan dari dana zakat untuk menegakkan syiar Islam, tdk terbatas kepada pemahaman yg selama ini berkembang bahwa pengertian fii shabilillah ini hanya mengacu kpd individu yang berjuang di jalan Alloh.

 

Apalagi infak sunnah dan wakaf dimobilisasi dengan baik, maka kita bisa siap melakukan perang pemikiran. Jika umat Islam bersungguh-sungguh berjamaah melakukan persiapan Ghozwul Fikri, Insya Alloh kita dapat menangkal dengan pemikiran yang berdasar Qur’an dan Sunnah Rasul Saw. Wallohu ‘alam. (Nanang Hidayat)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close