Kesehatan

Bisa Bikin Tensi Melonjak

Makanan bisa diibaratkan sebagai mata pisau. Bila Anda pintar memilih, makanan bisa membuat tubuh makin sehat dan bekerja dengan optimal. Tapi bila ceroboh, makanan justru menjadi sumber malapetaka dan mengundang berbagai penyakit berbahaya.
Hal tersebut juga berlaku pada tekanan darah. Bila Anda tak pintar memilah makan, tensi bisa melonjak naik dan tidak terkontrol. Akibatnya, berbagai komplikasi penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke dan ginjal pun mengancam.
“Makanan yang mengandung garam jelas. Tentang sate kambing itu tidak benar,” jelas Prof Dr. Rully M.A. Roesli, Sp.PD-KGH, mantan Ketua Perhimpunan Hipertensi Indonesia. Menurutnya, daging kambing, sapi, ayam semuanya sama, yang membedakan adalah cara pengolahannya. Jika daging kambing diolah menjadi kambing guling, maka yang perlu diwaspadai adalah cara pengolahan yang ditaburi garam.
“Nah, itu yang tidak boleh. Kalau nggak pakai garam mengolahnya, boleh saja,” tambah Prof Rully.
Pendapat yang sama juga disampaikan Dr Muhammad Yamin, Sp.Jp (K), FACC, FSCAI, ahli kardiovaskular dari Eka Hospital. Menurutnya sate kambing penyebab hipertensi hanya mitos, namun yang perlu diwaspadai justru kolesterol.
Selain garam, tekanan darah dapat melonjak gara-gara pengawet, makanan kaleng, minuman yang mengandung kafein tinggi terutama kopi, dan obat tertentu yang bisa memicu detak jantung lebih cepat. “Kopi bahaya, tetapi tidak jika dalam dosis tertentu. Kalau hipertensi terkontrol bisa 5 gelas per hari tidak apa-apa, tetapi jika tidak terkontrol 1 gelas sudah terlalu banyak,” papar Dr Yamin.

Yang patut diwaspadai dari kopi sebenarnya adalah kandungan gula. Prof Rully menuturkan kebanyakan masyarakat salah kaprah menganggap kopi yang menyebabkan hipertensi tanpa menyadari kandungan gula di dalam segelas kopi hitamnya. (GWAP; sumber, detik/20/3/13)

Catatan-Terlepas benar tidaknya sajian diatas, kalau kita ingat buku “Pilihan cerdas menjadi sehat”-Dr Tan Shot Yen Mhum dan Buku Keajaiban enzyme, marilah kita mulai dengan asupan makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak yang “Natural” yaitu Sayur, teri / ikan dan sebagainya serta menghindari kopi, susu binatang, susu bubuk kalengan dan daging.

Penasaran ? Silahkan coba dulu-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close