Psikologi

Stone garden dan Gua Pawon

Komunitas Pendaki “4T” kembali akan mengadakan kegiatan pendakian ke perbukitan karst Padalarang yang akan diselenggarakan pada,

Heri, tanggal : Sabtu, 18 Mei 2013
Waktu : pukul 06.00 – 15.00 WIB
Tujuan : Ada dua ‘place of interest’ di area Padalarang, yaitu :

1. “Stone Garden”, kawasan bukit Pasir Pawon yang terhampar sangat luas ditumbuhi rumput dan ilalang liar. Di antara tumbuhan liar itu tersebar ratusan batu raksasa dengan berbagai bentuk dan ukuran, serta ukiran alami yang seolah ‘tiba-tiba’ muncul dari perut bumi, menyajikan pemandangan yang sungguh cantik.

2. Gua Pawon, gua purba yang terletak di kaki bukit Pasir Pawon konon ini tempat hunian nenek moyang kita. Kerangka manusia berumur 9.000 tahun pernah ditemukan di sini. Replikanya ada di gua, aslinya tentu saja sudah ‘diamankan’ oleh Balai Arkeologi. Uniknya, gua ini punya ‘jendela’ yang terbentuk alami.

Start
Berkumpul di Mabes P2Tel jalan Supratman 48 Bandung, pukul 05.30. Kita akan bertolak dari sini sepagi mungkin, pukul 06.00, karena bukit Pasir Pawon adalah kawasan panas, kawasan sangat luas tanpa pepohonan. Semakin pagi semakin nyaman kita mengeksplorasi batu-batu di taman itu.

Tujuan kendaraan kita adalah di tempat parkir restoran “Setuju Utama”, jalan Raya Padalarang KM 25-an, di tikungan setelah bukit gamping pertama, sisi kiri jalan.

Detil
07.00 Sampai di tempat parker restoran “Setuju Utama”.
07.00 – 07.15 Stretching, dan doa bersama.
07.15 – 08.15 Dari tempat parkir kita mulai perjalanan pendakian menuju puncak bukit Pasir

Pawon,..
08.15– 10.00 Eksplorasi “Stone Garden”
10.00 – 10.30 Menuju Gua Pawon
10.30 – 11.00 Eksplorasi Gua Pawon.
11.00 – 12.00 Perjalanan kembali ke tempat parkir.
12.00 – 13.30 Istirahat, sholat, dan makan siang di restoran “Setuju Utama”
13.30 –15.00 Kembali ke Bandung.

Bekal
– Untuk kepraktisan perjalanan, peserta diharapkan sarapan di rumah masing-masing, membawa air minum secukupnya, dan camilan-makanan kecil, untuk dikonsumsi sekitar pukul 10.00 , maksudnya, sebagai camilan di dua tempat menarik itu.
– Obat-obatan yang biasa dikonsumsi, permen.
– Lainnya, sesuai kebutuhan personal.

Perlengkapan
– Pakaian : atasan kaos lengan panjang. Bawahan : celana panjang atau pendek.
– Sepatu : kondisi yang masih kuat, dengan ‘gambar’ telapak yang masih jelas. Pengalaman pada setiap pendakian yang lalu, ada saja yang bermasalah dengan alas kaki ini.
– Topi, atau penutup kepala lainnya.
– Sun glasses
– Kain penyeka keringat.
– Syal, untuk melindungi leher belakang dari sengatan matahari.
– Masker penutup hidung dan mulut, sebagai pelindung dari debu Padalarang dan ‘aroma’ kelelawar di Gua Pawon. Tentang aroma ini, hanya terdapat pada awal pintu masuk gua saja, sedangkan di dalam sudah tak berasa (‘kan ada ‘jendela’…).
– Tongkat pendakian, optional.
– Tas untuk mewadahi itu semua, ukuran kecil saja, tak perlu yang besar. Tas punggung atau ransel lebih nyaman membawanya dibanding tas tenteng atau bahu.

Transportasi
– Jenis kendaraan yang akan digunakan Bandung – Padalarang pp tergantung dari jumlah peserta. Pilihannya adalah sewa bus kecil atau kendaraan masing-masing peserta.

Pendaftaran
– Dibuka mulai hari ini sampai Rabu 15 Mei 2013, melalui media ini.
– Yang sudah mendaftar :
1. Mustadjab; 2. Tjahjanto; 3. Subroto; 4. Okky Chaniago; 5. Endah RH; 6. Zainal Arifin; 7. Roesmargono Danu dan isteri; 8. Djaka Rubijanto; 9. Iin Indira; 10. Sudardja Hs(Zainal Arifin)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close