Kesehatan

Jangan remehkan Batuk

Jangan anggap enteng batuk karena ada Jenis Penyakit Batuk yang mengganggu aktifitas anda bahkan untuk jangka waktu lama. Mengenal jenis Penyakit ini agar anda tahu cara mengatasinya. Berikut Jenis-Jenis Penyakit Batuk :

Jenis Penyakit Batuk Secara Umum
Umumnya batuk dikelompokkan jadi 2, yaitu batuk produktif dan tidak produktif. Ini didasarkan pada ada dan tidaknya dahak yang diproduksi.

– Batuk Produktif
Batuk berdahak yaitu yang menghasilkan dahak. Batuk ini mengganggu karena gatal dan dahak keluar seiring batuk. Penderita bolak-balik membuang dahak tiap batuk. Tentu merepotkan bagi yang harus tetap beraktivitas saat batuk menyerang.

Mengatasi batuk berdahak (jika anda merasa tidak perlu ke Poli Yakes), pilihlah obat batuk berdahak. Perawatan di RS dapat dilakukan dengan menghirup uap panas atau banyak minum air putih hangat.

– Batuk Tidak Produktif
Batuk tidak produktif, (batuk tidak berdahak / batuk kering), adalah yang tidak disertai produksi dahak. Gatal di tenggorokan biasanya dialami penderita dan mengganggu aktivitas. Untuk mengatasinya, minum obat batuk khusus untuk batuk kering, dan minum banyak air putih.

Jenis-Jenis Penyakit Batuk Lainnya
Batuk juga dikelompokkan berdasarkan berapa lama penyakit itu bertahan yaitu:
– Batuk Akut
Batuk akut berlangsung kurang dari 2 minggu. Jenis ini disebabkan masuk angin, influenza, atau infeksi sinus.

– Batuk Kronik
Batuk kronik bertahan lebih dari 2 minggu, ada juga yang menahun. Jenis batuk ini terjadi berulang. Penyebab batuk kronik : Asma, TB, dan batuk rejan. Batuk rejan dapat dicegah sejak dini dengan memberikan imunisasi DPT. Cara mengatasinya dengan segera menghubungi Poli Yakes agar tidak makin parah.

Dengan mengetahui jenisnya, maka saat Anda terserang batuk anda dapat mencari / mengonsumsi obat yang tepat sesuai jenis yang Anda derita. (Suhirto M; source: sehat .com)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close