Psikologi

Pelayanan lebih

Di Victoria British Columbia, ada satu SPBU milik pebisnis sekaligus motivator bernama “Dunsmuir”. Meski hanya SPBU, tapi sangat terkenal dan maju. Sebagian besar SPBU di Amerika Serikat adalah self service, tetapi di SPBU milik Dunsmuir, ada 4 orang pekerja yang melayani setiap mobil yang datang.

Pekerja 1 membuka pintu dan mempersilakan penumpangnya keluar, lalu memakai penyedot debu untuk membersihkan bangku dan interior mobil.
Pekerja 2 membuka kap mobil untuk mengecek olinya.
Pekerja 3 mengisi tangki bahan bakar sambil membersihkan semua kaca jendela mobil.

Pekerja 4 mengecek ban mobil. Semua dilakukan dengan ramah dan bersahabat.
Kebanyakan pekerja itu anak2 muda. Menjadi petugas pompa bensin tentu bukan profesi idaman karena bukan pekerjaan bergaji tinggi.

Namun Mr. Dunsmuir menekankan, sangat mungkin pengemudi mobil yang mereka layani adalah calon bos mereka. Artinya, jika mereka melayani dengan baik dan bersemangat, itu akan menjadi promosi yang baik. Faktanya demikian, banyak dari pekerja SPBU itu direkrut para bos yang terkesan dengan etos kerja mereka.

Hal itu memotivasi para pekerja untuk selalu melayani dengan prima, dan SPBU itu menjadi batu loncatan dan “kampus” kehidupan mereka. Tak heran, SPBU itu kebanjiran pelamar. Dan reputasi SPBU dengan pelayanan istimewa itu juga membuatnya selalu laris.

Yang tak kalah menarik, para mantan pegawai Mr. Dunsmuir juga kemudian selalu mengisi bahan bakar di situ. Kunci suksesnya adalah EXCELLENT SERVICE dan MOTIVASI YANG MENYALA.

Hal itu juga berlaku bagi kita. Walau pekerjaan yang kita kerjakan saat ini bukan pekerjaan Impian, tapi jika itu kita lakukan dengan sebaik2nya & yang terutama adalah dengan KASIH, itu akan membawa kita ke PROMOSI yang sesungguhnya !!

Anda tidak akan pernah rugi jika memberi pelayanan terbaik. Menolong orang lain pada akhirnya berarti menolong diri sendiri. Seperti hukum alam mengajarkan filosofi Siapa yang menanam, dia yang akan menuai”.  Tanpa menabur kebaikan, tidak mungkin kita berharap bisa menuai kebaikan di masa depan?

 

Mari kita melatih dan membiasakan jika ada kesempatan membantu orang lain.

Tentu merupakan suatu kebahagiaan jika ada kesempatan untuk meringankan beban orang lain.

Jika anda merasa bermanfaat, maka praktekkan dalam kehidupan sehari hari

 

Jagalah Hati.. Jα̲̅ngån lah Kau Nodai… Jagalah Hati,….. lentera hidup ini..(Andre Wahjudibroto)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close