Info Daerah n Opini

Pelatihan budidaya lele & gurame

Pada tahun 2012 beberapa anggota P2Tel Yogyakarta mendapat kesempatan mengikuti Pelatihan Service Lampu TL dan Budidaya Kelinci. Kesempatan emas itu diperoleh lagi. Di penghujung tahun 2013 (tgl 17-18/12/2013) 25 orang Anggota P2Tel bersama 15 orang Anggota P2Tel Solo, mengikuti Pelatihan Budidaya Lele & Gurame di Dusun Doplang, Kec. Teras, Kab. Boyolali, Jateng.

a-Serius mendengarkan LeleDana penyelenggaraan dikucurkan oleh Manajemen Community Development Center Area IV Jateng-DIY. Pelaksana kegiatan ditunjuk Man CDC SubArea Yogyakarta dan Man SubArea Solo. Pelatihan dibagi dalam 2 hari itu, melibatkan Owner Galih-Lele, Bapak Dawami Spd sebagai pemateri Pelatihan.

 

 

 

b-Serius mendengarkan LeleHari pertama : Sentuhan kalbu Motivasi, Teori budidaya Lele & Gurame dan Tanya jawab, dilaksanakan di Aula Kantor TELKOM Solo. Pada hari kedua, praktek lapangan dengan melihat dari dekat selukbeluk budidaya Lele dan interaksi langsung dengan ‘petani’ lele di dusun Doplang Boyolali.

 

 

 

d-Banyak pertanyaan

 

Tidak ada kata ‘terlambat’ bagi pensiunan “Pensiun tidak boleh ‘leren’ (berhenti), tapi harus tetap berkarya sesuai dengan keahlian di bidangnya masing-masing. Pensiun bukan akhir segalanya dan tidak ada kata ‘terlambat’ bagi pensiunan. Dengan terus berkarya, menjadikan hubungan social/silaturahim menjadi lebih luas, wawasan bertambah dan Insya Allah rezeki barokah”, demikian sentuhan akhir Ust.Daryono (mantan Ketua DPD SEKAR TELKOM Solo, yang sekarang aktif menjadi Da’i) selaku motivator.

 

e-Banyak pertanyaan-2Kebutuhan Lele untuk konsumsi Yogyakarta dan Solo masih kurang Disamping memberikan teori dasar beternak ikan Lele dan Gurame; Dawami Spd, pemateri tunggal yang juga sebagai UKM Binaan PT TELKOM Solo, menyampaikan kebutuhan konsumsi lele untuk wilayah Yogyakarta dan Surakarta (Solo) saat ini masih kurang pasokannya.

 

 

 

f-Stlh menerima sertifikatOleh sebab itu dalam menunjang kebutuhan pasokan yang kurang tsb., pelatihan dikonsentrasikan pada budidaya dan pembesaran ikan Lele (dalam bentuk teori dan praktek), sementara ikan Gurame diberikan hanya teori saja sebagai pembanding. Pemateri memberikan teori praktis dan sharing pengalaman pribadi sebagai pelaku pembudidaya lele yang meliputi :

1. Persiapan Lahan

2. Pembuatan Kolam

3. Penaburan Bibit

4. Perawatan

5. Pengelolaan

6. P a n e n

7. Pasca Panen

Dijelaskan secara detail, mulai dari memilih dan mempersiapkan lahan, sumber air, perolehan bibit unggul yang digunakan, pakan hingga tatacara panen dan kegiatan tambahan setelah panen; sehingga para peserta pelatihan merasa ‘dong’ (paham betul) mengenai selukbeluk budidaya lele yang akan dilakukan setelah Pelatihan.

g-Pembagian leleApalagi ditambah kegiatan praktek lapangan keesokan harinya. Peserta bisa melihat langsung : model2 lahan, sumber air (irigasi tersier dan sumur pantek), ukuran bibit yang ditebar, jenis pakan, waktu yang tepat untuk panen dan tebar bibit dll. Di sessi akhir pelatihan, sebelum pembagian Sertifikat kepada peserta, Ir Eddy Mulyatno, SE,MM selaku Man CDC Area IV (disampaikan oleh Man SubArea Solo), mengharapkan agar ilmu dan ‘modal’ yang telah diperoleh selama 2 hari, dapat diimplementasikan di lokasi masing2 peserta, sehingga bisa menambah daya dan hasilguna selaku pensiunan.

Yang lebih penting, bahwa Manajemen PT TELKOM membuktikan kepeduliannya terhadap para Pensiunan. Selamat beternak Lele. (Ditulis oleh : Mohammad Shoffi (Telp : 0274-7473223 / 0812 27 020 27)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close