Psikologi

OlahRaga buat Lansia(2)

Banyak jenis Olah Raga, tapi yang cocok untuk kakek, nenek pensiunan tak berbahaya dan mengganggu aktivitas kerja organ tubuh mereka karena semakin tua, kualitas organ tubuh semakin menurun. Agar tetap sehat dan bugar para Lansia butuh olahraga.

Rentannya kondisi tubuh bukan alasan untuk Lansia bisa berolahraga. OR yang disarankan para Lansia adalah aerobik dan senam. Tapi hanya sedikit manula yang mau melakukan olahraga dari dua jenis OR itu. Para Lansia lebih menyukai olahraga dengan menggunakan kaki mereka.

Olahraga untuk Lansia
Jalan kaki, OR ringan yang dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, semua orang yang sehat bisa melakukan karena tanpa disadari, dalam satu hari pasti melakukan OR ini. Berjalan tidak asing, bahkan produsen menyediakan alas kaki kesehatan yang fungsinya untuk mengganti bebatuan yang biasanya digunakan sebagai media berjalan yang sehat.

Pijatan bebatuan tersebut berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. Untuk anda yang tidak suka melakukan OR ini di tempat terbuka, anda bisa melakukannya di gym dengan menggunakan treadmill.

Yoga, melalui meditasi anda bisa menghilangkan stres dan melatih kelenturan tubuh anda. Yoga adalah suatu kegiatan yang baik untuk tubuh, selain bisa merilekskan pikiran, kesehatan tubuh tetap terjaga.

Angkat beban, OR angkat beban membutuhkan kekuatan otot tangan serta keseimbangan tubuh. Untuk seorang pemula, anda bisa berlatih angkat beban dengan menggunakan media yang tidak terlalu besar, dan tidak berat. Latihan yang rutin yang dilakukan, merangsang kerja otot-otot lengan, bekerja lebih keras dari seharusnya.

Tidak menutup kemungkinan otot akan terbentuk dan anda bisa mengangkat beban dengan berat yang lebih besar. Ketekunan-kedisiplinan-tekad yang besar, membawa anda pada hasil yang anda inginkan. Teruslah berlatih dengan giat, agar mendapatkan hasil sepadan, tubuh yang sehat serta jiwa yang kuat.

Renang, berenang adalah olahraga air yang baik untuk kesehatan. Baik untuk manula yang sering mengalami nyeri sendi.

Bersepeda, OR santai sambil meningkmati udara pagi sejuk sangat baik untuk Lansia. Bersepeda baik untuk kesehatan kaki. Bersepeda bisa dilakukan sendiri atau berkelompok. Anda bisa mengikuti event sepeda santai, mendapat pengalaman baru dan bertemu dengan Lansia baru. Anda bisa membuat komunitas bersepeda Lansia.

Bermain, melakukan permainan dengan banyak bergerak merupakan jenis kegiatan yang paling menyenangkan, anda bisa bermain sekaligus berolahraga. Lakukanlah permainan yang anda sukai, seperti bermain golf, tenis, bulu tangkis, dan lainnya.

Itulah jenis OR yang bisa dilakukan Lansia. Anda dapat menghubungi dokter kesehatan sebelum melakukan aktifitas OR tadi. Sesuaikanlah dengan kondisi Anda, agar OR yang Anda lakukan membawa banyak faedah kepada Anda. Bersambung……….. (http://teragen.us/olahraga-untuk-manula-dan-lansia.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close