YAKESTEL DAN OLAH RAGA

OR memperpanjang umur

Sehat bukan berarti hanya mengatur pola makan, tetapi juga menyeimbangkannya dengan aktivitas fisik. Pada tanggal 12/10/2013, Yakes Telkom Area Jakarta untuk kedua kalinya mengadakan seminar kesehatan, berjudul “Perpanjang Usia Dengan Giat Berolahraga”.

 

Judul ini dipilih bertujuan mengajak peserta untuk memahami pentingnya latihan fisik dan kebugaran demi tubuh sehat. Materi seminar disampaikan narasumber Setyo Pribadi, S.Pd, pakar di bidang OR. Peserta yang hadir berjumlah 27 orang, meningkat dari seminar pertama yang berjumlah 20 orang.

 

Salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan kejadian obesitas adalah faktor sosioekonomi dan kurangnya aktivitas. OR sebaiknya dilakukan teratur 3-5 kali seminggu. Lamanya 20-60 menit tiap kalinya. OR sebaiknya dilakukan sistematis, dimulai pemanasan, peregangan, latihan inti, dan diakhiri dengan pendinginan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

 

Materi yang disampaikan dalam seminar kali ini meliputi latihan fisik yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lain latihan untuk daya tahan jantung dan paru, latihan kekuatan dan daya tahan otot, latihan kelenturan, dan latihan komposisi tubuh untuk mengurangi lemak yang ada di tubuh kita.

 

Salah satu jenis latihan yang paling dianjurkan oleh narasumber adalah weight training atau latihan beban, karena latihan jenis ini dapat membakar lemak tubuh 40% lebih banyak dan membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan latihan-latihan lainnya.

 

Sebab, dewasa ini angka penyakit degeneratif yang disebabkan faktor kegemukan meningkat, terutama lelaki. Kegemukan pada lelaki bersifat android (seperti buah apel, besar di bagian atas dan mengecil ke bawah), sehingga dapat menekan organ di sekitar perut dan meningkatkan risiko kematian. 

 

Kesimpulannya, OR penting membuat tubuh selalu bugar, dan menghindarkan kita dari penyakit degeneratif. OR diiringi dengan pengaturan pola makan untuk menjaga keseimbangan antara energi yang diserap dan energi yang dikeluarkan tubuh. (http://www.yakestelkom.or.id/index.php?option=news&id=293)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close