Iptek dan Lingk. Hidup

Penemuan mobil

MOBIL adalah kendaraan beroda empat. Jenisnya termasuk bus, van, truk. Mobil seperti sekarang ini, sulit menentukan penemunya. Mobil terdiri dari ribuan komponen yang ditemukan dan dikembangkan bertahap. Meski demikian, bisa disebut Nicolaus J. Cugnot adalah orang pertama yang berhasil menluncurkan kendaraan berbadan besar, beroda tiga, dan bermesin uap. Kendaraan ini digunakan untuk menarik meriam pada tahun 1769.
Setelah itu insinyur lain yang membuat kendaraan sejenis adalah William Murdock yang bekerja sama dengna James watt dari Inggris. mereka berhasil mengembangkan dan meluncurkan mesin bermesin uap pada 1784.

Richard Trevitchick berhasil meluncurkan kendaraan bermesin uap. Pada 1830, kendaraan oda enam ciptaan Sir Goldswarthy Gurnay mampu meluncur dengan kecepatan 25km/h. Hingga awal abad 20, berbagai kendaraan bermesin uap terus diciptakan meski mesin uap berbahaya karena sering meledak.

Sejak pertengahan abad ke-19, perancangan mobil berkembang secara pesat. Tahun 1860, Jean Joseph E. Lenoir, dari Perancis, menciptakan mesin pembakaran dalam berbahan bakar campuran batu bara dan gas serta campuran udara atmosfer.

 

Mesin ini bekerja tanpa kompresi, campuran bahan bakar dan udara dimasukkan ke dalam silinder pada saat torak berada diseparuh langkah, lalu dinyalakan dengan pematik api (busi), sehingga tekanan gas dalam silinder naik mendorong torak sampai akhir langkahnya dan membuang gas hasil pembakaran keluar. Efisiensi mesin ini hanya 5% tetapi mampu menghasilkan daya sampai 6DK.
Kemudian 1885, Gottlieb Daimler dan Karl Benz menciptakan mobil bermesin pembakaran dalam. Meski tanpa kopling untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda sehingga menyulitkan saat berangkat, kendaraan ini merupakan model dasar bagi pengembangan mobil. Mesin pembakaran dalam segera di sukai karena kemungkinan meledaknya kecil, tidak memercikkan api di luar, tidak berasap tebal, dan tidak sebising mesin uap.

Pada saat yang sama berkembang berbagai penemuan yang memperbaiki kinerja mesin lama. Tahun 1886, Nicolaus A. Otto dan Eagen Langen berhasil mengembangkan suatu mesin berbahan bakar bertekanan atmosfer dimasukkan kedalam silinder, dinyalakan dengan busi terjadi gas pembakaran yang bertekanan tinggi dan mampu mendorong torak untuk melakukan langkah ekspansi sampai membuang gas pembakaran tersebut. Efisiensi yang didapat oleh mesin ini adalah 11%.

 

Mesin ciptaan Otto ini disebut mesin pembarkaran dalam 4 langkah dan dipatenkan pada 1876. Pada 1890 Charles E dan Frank Duryea dari AS berhasil menciptakan mobil bermesin bensin pertama. Pada 1898 Louis Renault menemukan batang penggerak sebagai ganti rantai yang selama ini dipakai untuk memindahkan tenaga mesin ke roda.

 

Tiga tahun sebelumnya, Renault menciptakan mesin berpendingin air. Pada 1911, Cadillac Automobile Co, menciptakan starter listrik, pengapian listrik dengan kumparan dan aki sebagai ganti starter engkol. Tahun 1922, ban karet berisi udara sebagai pengganti ban mati atau ban engkel pertama diperkenalkan.

Paten mobil pertama di USA diberikan pada Oliver Evans (1789); pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya. Bukan hanya mobil pertama di AS tapi merupakan kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air pakai roda padel.
Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada 5/11/1895, George B. Selden diberi paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini berdampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz 1888. Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910-an.
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan Oldsmobil pada 1902, dan dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia.
Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban. Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain.

 

Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya.

 

Dengan pengecualian penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran 1960-an, barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan Bosch, alat elektronik ini membuat buangan mobil berkurang drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga. (http://ajarmadan.blogspot.com/2013/10/sejarah-penemuan-mobil-dan.html)

Catatan : Jangan lupa, gunakan bahan bakar mobil2 ini (wajib?) dengan BBM non subsidi dan waspadalah untuk pembeli yang kebijakan Pemdanya membatasi lalin di jalanan-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close