Psikologi

Willy Moenandir Mangoendiprodjo, Ir. [2]

Baru 2 tahun ia menduduki tempat itu, maka pada tahun 1966 ia diangkat sebagai Kawitel-IV Palembang, sampai 1968. Pada tanggal 18/08/1969, ia dipindahkan ke Bandung dan diangkat sebagai Kawitel-VIII. Rupanya tahun itu merupakan tahun kejayaan bagi Willy Munandir.

 

Jabatan Kawitel-VIII didudukinya ± 4 bulan, ketika ia diangkat sebagai Direktur Operasi di Kantor Pusat Bandung mulai tanggal 27/12/1969. Jabatan ini dipegangnya cukup lama, sampai tahun 1973. Pada tanggal 2/2/1973 akhirnyna ia menduduki jabatan puncak di Perumtel, sebagai Direktur Utama. Jabatan Diruttel ini didudukinya dalam 3 tahap.

Yang pertama tahun 1973, tahun 1979 dan tahun 1983. Kegitan Willy Munandir menonjol, bukan saja didalam negeri, tetapi juga diluar negeri. Sebagai pejabat teras ia banyak melakukan perjalanan dinas keluar negeri bahkan sebelum pengangkatannya sebagai pegawai tetap, ia sudah mendapat tugas belajar di Jepang untuk mengikuti Training Microwave and Carrier Communication di tahun 1963.

 

Pada tahun 1970 ia mengikuti Top Management Seminar yang diselenggarakan oleh Lembaga Management Indonesia. Pada tahun itu juga ia menghadiri Sidang International Communication Satellite Committee di Sidney, dan kembali ke Jepang untuk meninjau fasilitas telekomunikasi. Pada tahun 1971 ia menghadiri World Administration Radio Conference Telecommunication ITU di Jenewa, dan tahun 1972 menghadiri 5th Plenary Assembly ITU di Jenewa lagi.

 

Tahun 1973 ia menghadiri Meeting SEAG dalam rangka International Telecommunication Satellite di Bangkok, dan juga menghadiri Plenipotentiary Confercnce di Malaga Terremalinos, disamping menghadiri Sidang Signatories Intelsat di Washington, diteruskan lagi dengan menghadiri Sidang Assembly of Intelsat, juga di Washington. Tahun 1974 ia menghadiri Plenary Assembly CCIR di Jenewa, dilanjutkan dengan Sidang SEAG 3rd Intelsat dan Asean Working Party di Manila, dan seminar Telecommunication Development di Jepang.

Tahun 1976 ia menghadiri Sidang Tahunan Meeting of Singnatories di Singapura, dilanjutkan dengan menghadiri International Simposium Telecommunication Changing World di Swedia, dan Conference on the Evaluation of Communication Satellite Effect di Honolulu. Tahun 1976 ini, perjalanannya keluar negeri memang paling banyak.

 

Selain sidang diatas, ia masih juga menghadiri Sidang SEAG lagi untuk Intelsat di Changmai, Thailand, diteruskan dengan Sidang SEAG berikutnya untuk Working Group Asian, dan Sidang Asian Telecommunication Administration special Meeting di Bangkok. Rupanya sidang yang dihadiri itu yang bersifat rutin, ada pula yang tahunan, dan ada .yang insidental.

 

Pada tahun itu juga, ia menghadiri Extraordinary Meeting of Signatories, dilanjutkan Second Meeting of the Assembly of Parties di Nairobi. Terakhir ialah menghadiri pertemuan untuk Persiapan dan pengawasan terakhir bertalian dengan peluncuran Palapa di Tanjung Kennedy, Amerika Serikat.

Pada tahun 1977 berikutnya, ia menghadiri peluncuran Palapa II, yang merupakan rentetan peluncuran Palapa I di Tahun 1976, di Amerika Serikat. Dilanjutkan dengan menghadiri Conference Communication di Kuala Lumpur. Setelah itu dilanjutkan dengan menghadiri European Conference (Eurocon 1977) di Venezela Italia, kemudian kembali lagi ke Kuala Lumpur, untuk menghadiri SOM Trancom.

 

Terakhir Submarine Cable Meeting di Singapura disambung dengan pembicaraan dengan fihak Administration Philipina tentang Palapa dan ETPI Meeting, di Manila. Tahun1978 ia menghadiri Workshop International Training for Provision in Telecom di Perancis;dan kembali ke Bangkok, untuk sidang SEAG lagi.

 

Sidang ini kemudian dilanjutkan di Kuala Lumpur, mengenai Transportasi Komunikasi Asean. Pada tahun itu juga, ia mengikuti Meeting MS-7 di Teheran, Iran, kemudian kembali ke Singapura untuk menghadiri Submarine Cable Meeting untuk kesekian kalinya.

Tidak luput pula negara Amerika Latin dapat kunjungannya. Pada tahun itu juga ia menuju Rio de Jeneiro untuk menghadiri Meeting Parties Assembly Intelsat, diteruskan dengan sidang ke 3 Sub Committee Postel Asean di Manila, dan Extraordinary Meeting Asembly of Parties Intelsat di Manila.

 

Tahun 1979 ia menghadiri lagi sidang tahunan ,SEAG di Manila, diteruskan rapat Koordinasi SKKL (Sistem Komunikasi Kabel Laut) di Penang, lalu ke Jenewa untuk menghadiri lTU Forum. Tahun 1980 ia menghadiri Konperensi Asia Afrika di Bandung, yang ada hubungannya dengan Hari Asia Afrika yang ke 25, tempat Postel memegang peranan penting dalam konperensi bangsa-bangsa AA itu.

 

Kemudian Willy Munandir kembal keluar negeri, kaliini menghadiri pembicaraan dengan Telecom’s Singapura dan JTM Malaysia di Kuala Lumpur, mengenai masalah SKKL. Selain itu ia juga mengikuti Meeting of Signatories Intelsat dan Extraordinary Meeting Assembly of Parties yang kali ini dilangsungkan di Orlando.

 

Ini juga termasuk sidang tahunan Intelsat. (Rizal Chan; Dikutip dari buku “ Tokoh Tokoh Sejarah Perjuangan dan Pembangunan Postel di Indonesia”, Deparpostel, Ditjen PosTel, 27/9/1985)-FR
(naskah 1985… to be continued…)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close