Iptek dan Lingk. Hidup

Piramida ikon darmawisata

Astana – Piramida adalah bangunan bersejarah dan jadi ikon wisata Mesir. Tapi ada beberapa negara di dunia punya bangunan dan arsitektur piramida lebih modern dan arsitektur tak kalah menakjubkan. Berbentuk segitiga, besar, dan puncaknya lancip. Dilansir Atlas Obscura, (23/12/2013) sebagai berikut :

 

1. The Pyramid Arena, AS

AS punya piramida : The Pyramid Arena di Memphis, Tennessee. Piramida ini tingginya 321 Mt dan merupakan arena OR. Total, ada 20.000 kursi penonton. Berada di seberang Sungai Missisipi, The Pyramid Arena sering digunakan sebagai ajang tanding OR, seperti bola basket NBA. Sejak 2004 arena OR ini ditinggalkan masyarakat. Hingga kini, banyak pengusaha mengincar piramida ini untuk pusat perbelanjaan.

 

2. The Palace of Peace and Reconciliation, Kazakhstan

Kazakhstan punya piramida : The Palace of Peace and Reconciliation di Astana. Piramida ini berdiri 2006 dengan waktu pembangunan 2 tahun. Piramida ini dibangun Presiden pertama Kazakhstan: Nazarbayev yang negaranya merdeka 1991 saat bubarnya Uni Soviet.

The Palace of Peace and Reconciliation panjang sisinya 62 Mt dan dibangunarsitek ternama, seperti Sir Norman Foster asal Inggris. Selain cantik, piramida ini berfasilitas canggih. Suhu di dalam bisa mencapai plus dan minus 40° C. Di dalam terdapat gedung opera dengan 1.500 kursi, fasilitas pendidikan, dan ruang rapat petinggi negara Kazakhstan. Uniknya, arsitekturnya menggambarkan semua agama di dunia.

 

3. Louvre Pyramid, Prancis

Louvre Pyramid adalah piramida terkenal dari Museum Louvre, Paris, Prancis. Ciri khasnya bangunannya terbuat dari besi dan kaca besar. Louvre dikelilingi tiga piramida kecil di depannya. Louvre dirancang arsitek ternama, Ieoh Min Pei dan berdiri 1989. Tingginya 20 Mt. Bagian dasarnya memiliki panjang sisi 35 Mt. Louvre berada di jantung kota Paris, 1er Arrondissement (distrik nomor satu), di tepi Sungai Seine.

Louvre adalah museum berisi banyak benda bersejarah, seperti patung Venus de Milo, mahkota Raja Louis XV, patung Firaun Ramses II, prasasti Kode Hammurabi, maha karya seni Islam dan berbagai koleksi mumi dan Sphinx. Yang terkenal di Louvre, lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci.

 

4. Ryugyong Hotel, Korea Utara

Ryugyong Hotel adalah piramida ala Korea Utara. Rancangan awal, Ryugyong Hotel bakal memiliki 105 lantai dengan ketinggian 330 meter. Pembangunannya mulai 1987. Tapi  pembangunannya dihentikan tahun 1992 karena jatuhnya Uni Soviet yang berdampak terhadap krisis ekonomi Korea Utara.

Sejak itu, hingga kini Ryugyong Hotel hanya jadi bangunan tak berpenghuni. Meski tampak luar terlihat mirip piramida. Banyak traveler menyebut Ryugyong Hotel adalah bangunan yang terjelek di dunia. Hal itu terkait dengan tidak ada ‘kehidupan’ di dalamnya.

Pembangunan hotel itu dilanjutkan 1998, dan rampung 2012. Tapi hingga kini, hotel berbentuk piramida itu kosong dan belum dibuka. Pemerintah Korea Utara membuka Ryugyong Hotel untuk tempat wisata, tapi dengan izin yang sangat ketat dan traveler tak bisa berlama-lama di sana.

 

5. The Luxor Hotel, AS

Satu lagi piramida dari USA, yaitu The Luxor Hotel. Berbeda dengan The Pyramid di Memphis, The Luxor Hotel di Las Vegas lebih mewah dan lebih populer. Bentuk bangunannya mirip Piramida Giza. Tinggi The Luxor Hotel ini 365 Mt dan dibuka tahun 1993.

Biaya pembangunan The Luxor Hotel USD 375 juta, sekitar Rp 4,5 triliun. Di dalam terdapat 4.400 kamar, empat kolam renang, kapel pernikahan, restoran, toko-toko, hingga kasino berukuran 120M2. Tak hanya itu, di depannya terdapat replika patung Sphinx. The Luxor Hotel adalah piramida modern termewah di dunia. (http://travel.detik.com/read/2013/12/23/190751/2449969/1520/ini-dia-5-piramida-modern-di-berbagai-negara)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close