Iptek dan Lingk. Hidup

Sampah plastik jadi minyak

Banyak sampah plastik berserakan dan tidak bisa didaur ulang sehingga menjadi masalah besar. Di tempat dengan program daur ulang (seperti New York City), hanya beberapa item seperti botol plastic saja yang didaur ulang, yang lainnya dibiarkan sebagai sampah.
Seorang warga Jepang menemukan alternative penanganan sampah yang tidak bisa didaur ulang menjadi minyak. Akinori Ito; Industri perangkat daur ulang plastik, memberi solusi. Mesin daur ulang itu  dinamai Mesin Blest, bisa dipasang di Meja dan dibuat aman untuk digunakan di rumah.

 

Proses kerja dari mesin ini menggunakan listrik, untuk memanaskan plastik sampai cukup mencair, tetapi tidak sampai ke titik puncak panas, sehingga asap CO2 tidak terjadi. Dua pon plastik diumpankan ke mesin Anda mendapatkan satu liter minyak.

Ito mengatakan bahan bakar yang keluar dapat digunakan langsung untuk kompor listrik dan generator, dan bahkan dapat disempurnakan sebagai bensin.

Blest Machine dijual dengan harga US$ 9.500 ( ±100 juta rupiah ). Mungkin harga yang mahal, tapi mengingat alat ini bermanfaat untuk mengurangi sampah plastic dan bisa mengubahnya menjadi minyak, mungkin seimbang dengan fungsinya. Mesin ini ramah lingkungan. (http://www.bokunoblog.com/2010/10/penemuan-sampah-plastik-yang-diubah.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close