YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Cara Sehat Bakar Lemak

Di jaman sekarang ini hampir semua cara tersedia untuk menurunkan berat badan. Tapi ingat, menurunkan berat badan tidak berarti kita berhenti makan. Tubuh kita memerlukan kalori supaya kita punya energi untuk kegiatan sehari-hari.

Tanpa energi tubuh jadi rawan segala bentuk penyakit dan energi juga dibutuhkan untuk menangkis bibit penyakit. Cara menurunkan berat badan tidak susah, seperti halnya hitung-hitungan dasar saja. Kalau ingin turun berat badan tentunya kita harus membakar kalori lebih banyak dari pada kalori yang kita masukan dalam tubuh.

Kontrol pola makan
Dalam program diet, jangan lupa memperhatikan yang kita konsumsi. Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan, yaitu makan secukupnya dan tidak berlebihan. Kita tidak perlu berhenti untuk memakan makanan kesukaan ,hanya saja harus dijaga kwantitasnya. Jauhi juga makanan berlemak, berkolesterol tinggi, dan makanan yang banyak mengandung gula atau garam. Makanan ringan amatlah bahaya karena seringkali tidak terkontrol.

Perbanyak buah-buahan, sayuran, dan makanan bergandum, karena jenis makanan ini mengandung banyak serat, vitamin, komplex karbohidrat, mineral. Terlebih lagi, memakan buah lebih baik daripada meminum jus karena makanan perlu dicerna lebih lanjut dan ini lebih baik dari makanan atau minuman yang halus. Selalu hindari minuman bergula, bersoda dan beralkohol, minuman yang terbaik adalah air mineral dengan temperatur normal.

Olah raga
Kegiatan lain yang perlu kita lakukan adalah membakar kalori. Bakar kalori yang ada di dalam tubuh sehingga kalori tidak menumpuk! Ada berbagai cara untuk membakar kalori, seperti berolah raga. Olah raga merupakan solusi terbaik untuk membakar kalori dalam tubuh. Bukan hanya akan membakar kalori yang tersimpan tapi juga akan membentuk tubuh.

Olah raga yang dilakukan secara rutin akan memberikan hasil yang lebih baik dari pada olah raga yang dilakukan hanya sekali-kali. Sempatkan waktu sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk melakukan olahraga selama minimal 30 menit – 1 jam. Gerakan tubuh selalu setiap ada kesempatan. Kalau memang jarak dari rumah ke sekolah atau ke tempat kerja tidak teralu jauh, keluarkan sepeda, atau gunakan kaki untuk berjalan. Jangan pernah merasa malas dalam berolah raga dan jangan cepat putus asa dalam melakukan aktivitas ini.

Jangan putus asa
Lakukan seluruh kegiatan ini secara teratur dan terkontrol.Catat berat badan tiap minggu dari hari pertama kita memulai diet kita. Sehingga kita bisa melihat perkembangan dari program diet kita. Jangan cepat putus asa kalau hasil belum terlihat. Tahap selanjutnya, rancang menu makanan yang akan kita konsumsi tiap harinya, jangan lupa beri variasi, sehingga kita tidak cepat bosan dan vitamin-vitamin yang kita dapat dari makanan yang kita konsumsi juga bermacam-macam.

Itulah tips-tips untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.Kalau hasil yang diinginkan tidak selalu terlihat setelah 1 atau 2 minggu, jangan cepat kecewa .Penuruan berat badan yang darstis dalam waktu yang singkat juga dapat membahayakan.

Jangan lupa hal yang terpenting adalah memiliki tubuh yang sehat. Cantik dan ganteng tidak hanya untuk orang-orang yang langsing . Selamat berusaha dan ingat selalu hidup sehat!
(Radio Nederland Wereldomroep dan http://www.yakestelkom.or.id)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close