Iptek dan Lingk. Hidup

Danau teraneh

Lokasi DANAU umumnya jauh dari laut dan sungai serta terisi air tawar. Meski memiliki gelombang, namun tak berombak seperti laut. Biasanya danau berisi ekosistem tumbuhan enceng gondok. Tak jarang danau dipakai untuk olahraga air.

Ada lebih dari tiga juta danau di dunia. Ada danau aneh lain seperti danau yang berisi ubur-ubur, danau yang terbuat dari aspal pun juga ada. Ini menarik perhatian untuk pelesiran. Suasana danau lebih menenangkan. Berikut yang dilansir dari CNN, berikut 8 danau teraneh di dunia :

Danau Ubur-ubur
Danau ini berbeda, terletak di lautan luas dan berada di bawah air. Terdapat di pulau tak berpenghuni, dikelilingi bebatuan lepas pantai Koror, Palau, Jellyfish Lake salah satu dari 70 danau air asin di Kepulauan Pasifik Selatan. Danau ini terhubung ke lautan luas. Kini sudah dipotong dan danau tidak mengalir ke laut.

Danau yang terisolasi ini menjadi sempurna bagi kawanan ubur-ubur. Sekitar 12 ribu tahun, ubur-ubur sudah mendiami danau ini. Mereka mengonsumsi ganggang dan tak ada predator yang membahayakan populasi ubur-ubur ini.

Meski ubur-ubur punya sengatan, namun sengatan kecil bisa dirasakan manusia. Berenang di danau ini aman dan diperbolehkan. Tetapi scuba diving tidak boleh karena akan menggangu ekosistem di dalamnya. Pada siang hari, ubur-ubur bermigrasi dari satu sisi danau yang lain mengikuti jalan matahari, dan berusaha selalu mencari ganggang untuk bertahan hidup.

Danau Lili
Terdapat di Thailand, danau ini berbeda dengan danau lain. Bila kebanyakan danau berisi hamparan air. Oktober sampai Maret, danau ini dipenuhi bunga lili air yang bermekaran penuh berwarna kemerahan.
Karena inilah, Danau Nong Harn di Thailand dipenuhi wisatawan yang penasaran melihat keindahannya.

Danau ini juga sebagai sumber air untuk Sungai Pao Nam dan menghidupkan ribuan penduduk di kawasan tersebut. Bahkan keindahan danau ini dimanfaatkan penduduk setempat menarik wisatawan dengan menjual berbagai kreasi khas daerah.

Bunga-bunga ini mekar dari subuh hingga siang hari, dan hanya sampai bulan Maret bunga ini dapat dinikmati keindahannya. Terlepas dari bulan-bulan itu, danau ini tak berbeda dengan danau pada umumnya.

Danau Aspal
The Pitch Lake terletak di barat daya Trinidad, tepatnya berada di desa La Brea. Danau ini terbesar penghasil aspal di dunia. Aspal cair berwarna hitam dan kental padat ini seolah tenang, namun mampu membawa individu tenggelam jika lama berdiri di permukaan. Meski danau nampak diam, tapi bergerak lambat dan mengaduk siapapun yang ada di atasnya.

Danau ini diciptakan ribuan tahun lalu oleh proses subduksi, inilah yang membuat jalur patahan yang memungkinkan minyak dari bawah tanah naik ke permukaan. Lama kelamaan beubah menjadi kandungan aspal padat campuran minyak, tanah liat serta air.

Aspal di danau ini digunakan di Trinidad, di kawasan Tobago, dan pulau lain di Karibia. Bukan hanya itu, aspal di kawasan ini digunakan 50 negara di dunia seperti AS-Inggris-India-Singapura-Mesir-Jepang. Diperkirakan, cadangan danau aspal ini mengandung ± enam juta ton yang mampu bertahan hingga 400 tahun ke depan.

Setiap tahunnya, danau ini menarik sekitar 20 ribu pengunjung. Meski berbahaya, banyak wisatawan yang berlarian diatas permukaan danau yang mengandung sulfur ini.

Danau Air Mendidih
Boiling Lake mirip kawah yang ada di pegunungan aktif. Pasalnya danau ini diisi air mendidih diselimuti oleh uap panas. Penampakan berbeda ini awalnya ditemukan dua penjelajah asal Inggris tahun 1870. Selang lima tahun, keduanya kembali mengunjungi danau untuk mengukur suhu yang ada di dalam sana.

Suhu yang ada di dalam danau ini berkisar 82-92°C. Meski demikian, hal itu belum menjadi ukuran dari panas yang ada di dalam danau. Kedalaman danau ini tak banyak yang tahu, beberapa peneliti mengklaim danau ini berukuran sedalam 59 Mt, namun ada pula yang mengatakan 61 meter.

Tidak ada jalan langsung ke danau ini. Wisatawan yang melihat danau harus berjalan 13 km melewati mata air belerang dan melewati beberapa ngarai sebelum tiba di danau ini. Tahun 2007 memmbuat film petualangan George Kourounis menjadi orang pertama yang menyebrangi danau mendidih dari atas. Dengan memakai tali, dirinya berhasil menyebrangi danau untuk sebuah acara televisi Angry Planet. (jjs; http://travel.okezone.com/read/2014/07/10/407/1011260/danau-teraneh-di-dunia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close