Kesehatan

Makan buah sebelum makan

Nah, ini saya teruskan ke semua milis, tanpa OOT. Alasannya? Oleh karena ini demi kepentingan anda dan anak-cucu, jadi tidak pakai izin. Cara makan buah sebelum makan seperti di bawah ini telah saya jalankan bertahun.

Walau setelah makan buah saya tidak menunggu seperti di bawah ini, karena terus makan sayur lalap mentah atau seperempat matang (inipun saran dari sumber kesehatan lain, agar segala gizi dan vitamin masih utuh).

Heran sendiri, praktis tidak pernah sakit lagi, paling pilek, itupun yang dahulu bisa seminggu dua minggu, sekarang cukup sehari. Badan segar dan tahan banting terhadap cuaca, kelelahan, kurang tidur, dll.
Pokoknya tinggalkan makan buah sebagai cuci mulut.

Dalam pesta tidak harus antri, karena bisa dihitung yang makan buah lebih dahulu. Selain itu karena dalam seuatu pelatihan beberapa tahun lalu, pelatihnya, si Adam Khoe, bilang, dia makan daging dan nasi terpisah, juga begitu saya tiru.

Siang daging tanpa nasi, malam nasi sedikit (terlalu banyak akan mengurangi anti-oksidan kita) dg sekedar ikan tanpa dagingdagingan. Bisa dibalik tetapi supaya tidak terlalu berat menganggung beban daging malam hari sebelum tidur, jadi saya pilih seperti ini. Mengapa?

Makanan daging menimbulkan produksi enzym “masam” dalam perut, sebaliknya nasi menimbulkan enzym “basa”. Kedua enzym ini saling menetralisir (proses kimia asam +basa akan menjadi netral), sehingga pencernaan tidak optimal). Si pelatih bilang (bahasa Inggris), di antara kita ada dokter, dan bisa menjadi saksi (apabila tidak benar).

Selamat mencoba. Apabila tidak, ya, tantangannya obat mahal dan apabila a.l. kena kanker belum tentu sembuh. (Salam, AphD)-FR

Catatan : Kadang2, apabila tidak malas, saya mengirim ke semua atau beberapa milis yang baik2 dengan saya. Untuk menghindari selera saya yang tidak menentu, bisa mengikuti dan masuk gratis milis mengenai semua hal kesehatan (ada juga tawaran dari sumber lain, termasuk pembuat obat, dll, selain sumbangan anggota). (http://health.groups.yahoo.com/group/tip-kesehatan/)-FR

Tanggapan Moeljadi
Tidak dipungkiri pola makan seperti ini sebenarnya menyimpang dari kebiasaan Nenek moyang kita sejak dahulu sampai kini. Nenek moyang kita mengajarkan bahwa makan buah tidak boleh dilakukan sebelum makan, karena perut masih kosong dan bisa mebimbulkan sakit perut, mis: diare, sembelit dll.

Tapi kalau berdasarkan experimen dan temuan ilmu kedokteran yg mutakhir terbukti bahwa makan buah sebelum makan lebih baik bagi kesehatan tubuh, maka sharing dari Pak APhD ini perlu menjadi pertimbangan. Silahkan mencoba (Salam; Moeljadi)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close