Psikologi

Seandainya Saja

Dua orang gelandangan duduk di sudut jalan. Gelandangan-1 mengatakan, “Hidup ini susah.Tapi andai aku punya uang satu juta rupiah, pasti hidupku bahagia.” Ternyata obrolan itu didengar jutawan yg lewat. Maka ia bertanya, “Maaf, saya tadi mendengar Anda berkata bhw hidup Anda akan bahagia jika Anda memiliki uang satu juta rupiah?”

 

“Benar sekali, Pak,” jawab gelandangan-1. “Baiklah, saya akan memberi Anda satu juta rupiah. Semoga Anda berbahagia,” kata jutawan itu.
Setelah jutawan menyerahkan uang dan pergi, apa yg dikatakan gelandangan itu? “Wah, seandainya saja aku tadi bilang sepuluh juta!”
Ada banyak kata “seandainya saja” menjadi kata favorit dlm kehidupan kita. Seandainya saja aku lahir di keluarga konglomerat yg kaya-raya dan sukses, seandainya saja aku punya keahlian, kekayaan, popularitas, seandainya saja aku seperti si A, si B, si C, dan seterusnya.
Benjamin Franklin mengatakan “Rasa cukup membuat orang miskin jadi kaya, tapi rasa tidak cukup membuat orang kaya jadi miskin.” Saudaraku, rasa cukup ditentukan dari bagaimana cara kita memandang dan menyikapi yg terjadi dan yg kita miliki. Bukan impian yg membuat kita bahagia, tapi rasa syukurlah yg menentukannya. (Bude Koesh-72; )-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close