Telkomsel Operator GSM pertama di Asia
Telkomsel salah satu operator telekomunikasi seluler GSM yang meluncurkan layanan paskabayar pertama tanggal 26/5/1995. Pada saat itu kepemilikan saham Telkomsel dikuasai PT. Telkom (51%) dan PT. Indosat (49%), dan Telkomsel pernah berhasil jadi operator seluler pertama yang menawarkan layanan prabayar GSM di Asia pada November 1997.
Sepanjang sejarah Telkomsel, operator ini memiliki tiga produk GSM, yaitu simPATI (prabayar), KartuAS (prabayar) dan kartuHALO (paskabayar). Saat ini saham Telkomsel dimiliki oleh TELKOM (65%) dan perusahaan telekomunikasi Singapura SingTel (35%).
Telkom merupakan BUMN yang mayoritas sahamnya dimiliki Pemerintah, sedang SingTel merupakan perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki Pemerintah Singapura. Tahun 1995, secara resmi Telkomsel mendapat izin untuk memberikan jasa telekomunikasi selular GSM, setelah sebelumnya sukses sebagai pilot project Telkom dalam proyek percontohan GAM do Batam.
Berbeda dengan operator lain, sejarah Telkomsel dilanjutkan dengan mulai membangun jaringan dan melayani pelanggannya dari luar jawa seperti dari Batam, Medan dan daerah-daerah lainnya. Tahun 1996, Telkomsel beroperasi di Jakarta dan melayani seluruh propinsi di Indonesia. Hal ini ditandai dengan adanya pengoperasian layanan Telkomsel Ambon dan Jayapura.
Setelah berhasil meluncurkan produk paskabayarnya kartuHALO, Telkomsel kembali menjadi operator yang mempelopori kartu prabayar isi ulang di ASIA dengan meluncurkan produk pertamanya simPATI. Kartu simPATI ini diluncurkan saat krisis ekonomi melanda yaitu sekitar tahun 1997.
Karena itu pula Telkomsel memberikan solusi kepada para pengguna jasa selular untuk melakukan pengontrolan anggaran komunikasinya. Hal yang membanggakan, Telkomsel berhasil bersertifikat ISO 9002 untuk Costumer Service On-Line dari PT Tuv Rheinland Jerman.
Hal tersebut berarti menandai layanan pelanggan Telkomsel telah memenuhi standarisasi mutu internasional. Pada tahun 1998, Telkomsel membuat program mengembangkan jaringannya dengan mencanangkan Word Class Operator sebagai tolak ukur standar layanan yang dimilikinya.
Positioning kartu prabayar Telkomsel yang dinamai simPATI Nusantara tersebut bermottokan simPATI tetap terkendali. Kartu simPATI sebelumnya hanya bisa digunakan di area registrasinya saja, namun kini simPATI bisa digunakan di seluruh wilayah di Indonesia.
Pada tahun 2000, Telkomsel mempelopori layanan Mobile Banking di Indonesia bekerja sama dengan Bank Panin. Hal ini merupakan salah satu inovasi Tekomsel dalam mengintegrasikan sistem teknologi telekomunikasi dan informasi dalam sistem banking.
Akhir bulan Maret 2009, Telkomsel memiliki pelanggan sekitar 72.1 juta orang berdasarkan statistik industri yang mewakili pangsa pasar dengan perkiraan sekitar 50%.
Telkomsel menyediakan layanan selular melalui produk dual band GSM 900-1800 MHz, jaringan 3G serta jaringan internasional melalui 341 mitra roaming internasional di 180 negara (menurut catatan akhir Maret 2009). Pada September 2006 pun Telkomsel berhasil menjadi operator pertama di Indonesia yang meluncurkan layanan jaringan 3G.
Sangat beragam dan lika liku perusahaan telekomunikasi ini. Berbagai keberhasilan perlahan dan pasti membawa Telkomsel dan Apple South Asia Ltd meluncurkan iPhone 3G di Indonesia tanggal 20/3/2009. Ini merupakan kesuksesan Telkomsel lainnya yang pasti membanggakan para pelanggan setianya.
Jangkauan jaringan Telkomsel terbesar di Indonesia, mencapai lebih dari 95% dari jumlah penduduk Indonesia dan di klaim Telkomsel satu-satunya operator di Indonesia yang mencakup seluruh negara, provinsi dan kabupaten, kecamatan di Sumatra, Jawa maupun Bali. Perusahaan Telkomsel ini menawarkan GSM dual band (900 & 1800), GPRS, WiFi, EDGE dan teknologi 3G.
Slogan yang dimiliki oleh PT.TELKOMSEL adalah Begitu Dekat Begitu Nyata. Dengan slogan ini pula diharapkan dapat menjadikan TELKOMSEL sebagai perusahaan jasa telekomunikasi bergerak yang paling banyak jumlah pelanggannya serta selalu mengutamakan kualitas dan ketersediaan kapasitas jaringan terluas dalam menyediakan jasa pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya.
Itulah sejarah Telkomsel; (MG; http://www.plimbi.com/news/3401/sejarah-telkomsel)-FatchuR