TELKOMGrup dan SEKAR

Telkomsel pasang 100 BTS di Tol terpanjang

Jakarta, CNN Indonesia-Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang diresmikan Presiden Joko Widodo untuk mengantisipasi mudik tahun ini dipastikkan tidak mengalami blank spot. Sebab, operator seluler Telkomsel yang telah memasang BTS di tol terpanjang di Indonesia tersebut.

Menurut pihak Telkomsel, setidaknya ada 100 BTS termasuk Compact Mobile Base Station (Combat) dengan teknologi 2G maupun 3G di tol yang mempunyai bentang 116.75 kilometer yang menghubungkan Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan.

Untuk memastikan jalur yang akan dilalui para pemudik ini lancar di tol Cipali itu, Telkomsel menggelar drive test jaringan yang mencakup Jakarta-Cirebon-Ciamis hingga berakhir di Kota Bandung.

“Kami sengaja melewati jalur tol Cipali yang tentunya akan menjadi jalur penting di musim mudik tahun ini. Hal ini kami lakukan dalam memastikan kesiapan jaringannya melayani lonjakan trafik komunikasi seluler yang diprediksi cukup signifikan selama bulan Ramadhan dan lebaran,” kata Executive Vice President Area Jabotabek Venusiana Papasi, melalui keterangan resminya.

Dia melanjutkan di sepanjang jalur mudik utama Jabotabek Jabar mulai dari Merak – Cikopo – Palimanan – Pejagan, Telkomsel menggelar 1.300 BTS, yang tentunya memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di musim mudik nanti.

Pada masa Ramadhan dan Lebaran Tahun ini Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik di daerah jalur mudik dan tujuan wisata dibandingkan trafik di hari biasa.

“Lonjakan trafik akan terjadi terutama pada layanan SMS yang berkisar antara 10 persen hingga 20 persen yang mencapai 1.15 miliar SMS, dan layanan data yang akan melonjak naik antara 20 persen hingga 25 persen menembus 1.6 juta Giga Byte,” tambahnya.

Seperti yang biasa dilakukan di tahun2 sebelumnya, hal itu akan diantisipasi dengan ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung. Di sepanjang jalur utama mudik Sumatera-Jawa-Bali dan beberapa lokasi tujuan mudik di Indonesia, disediakan kelonggaran 40-60% seperti di Sumsel dengan kelonggaran kapasitas 60%, Jabar 46%, Jateng 45%, Jatim 43% dan Bali 56%.

Kesiapan layanan data juga termasuk layanan Telkomsel 4G LTE. Saat ini didukung lebih dari 1.000 eNode B (BTS 4G) yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Medan. (tyo/tyo; Susetyo Dwi Prihati; CNN Indonesia; http://m.cnnindonesia.com/teknologi/20150617065823-185-60467/telkomsel-pasang-100-bts-di-tol-terpanjang-di-indonesia/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close