Psikologi

Berhenti menghabiskan uang

Intisari-Online.com – Mengeluarkan uang lebih sedikit untuk anggaran bulanan sepertinya cukup sulit, namun tidak berarti tidak mungkin. Untuk mengatur pengeluaran, tentunya kita harus pandai-pandai mencari ide, salah satunya dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, membeli sesuatu sesuai denga kebutuhan bukan keinginan.

Secara tidak sadar, kita kerap menghabiskan uang untuk hal yang tidak berguna. Oleh karena itu, berhentilah menghabiskan uang untuk beberapa hal berikut agar lebih hemat:

• Air minuman
Air minuman dalam kemasan sebaiknya tidak terus-menerus kita beli. Di beberapa kota, bahkan kita harus membayar pajak atas botol air minuman yang kita beli. Jika ingin minum, lebih baik kita mempersiapkannya dari rumah, yaitu dengan membawanya dengan botol air minum kita sendiri. Jika dalam satu bulan saja kita tidak membeli air minum dalam kemasan, kita sudah menghemat cukup banyak uang.

• Anggota gym
Tidak ada yang melarang untuk olahraga, termasuk gym. Namun, menghabiskan uang untuk menjadi anggota gym di sebuah tempat kebugaran adalah salah satu pilihan yang buruk untuk pengeluaran uang kita. Untuk Anda yang sudah bekerja, biasanya perusahaan juga memberikan diskon karyawan untuk gym atau di perusahaan menyediakan tempat gym yang dapat digunakan karyawannya. Ini tentunya akan menghemat pengeluaran kita.

• Perpanjang garansi
Beberapa orang membayar perpajangan garansi untuk gadget yang mereka miliki. Nyatanya, ini tidaklah berguna. Sangat sedikit kasus yang menunjukkan perpanjangan garansi berguna untuk memperbaiki gadget atau peralatan elektronik lainnya. Bahkan, jenis garansi juga kebanyakan mengecualikan kerusakan akibat kecelakaan yang tidak disengaja atau kerusakan lain yang disebabkan oleh kesalahan penanganan.

• Makanan organik
Kebiasaan membeli buah dan sayuran di supermarket sepertinya harus lebih diperhatikan dengan cermat. Banyak buah-buahan dan sayuran yang dapat bertahan lama, sehingga untuk membelinya janganlah dalam jumlah yang banyak. Makanan organik di supermarket juga memiliki risiko lebih tinggi terhadap pestisida berbahaya.

• Download musik dan film
Menghabiskan uang untuk mendownload musik dan film sebaiknya harus dipertimbangkan kembali oleh kita. Menggunakan situs download yang gratis tentunya akan menurunkan pengeluaran kita.

Mulailah berhenti menghabiskan uang untuk beberapa hal di atas agar lebih hemat dalam pengeluaran! (Monalisa Darwin; magforwomen.com dan http://intisari-online.com/mobile/read/berhenti-menghabiskan-uang-untuk-beberapa-hal-ini-agar-lebih-hemat)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close