Islam

Tujuh masjid unik di Rusia(3/4)

(Serial)-5. Masjid Noorda Kamal, Krasnoyarsk
Masjid Noorda Kamal adalah salah satu bangunan paling indah di kota Norilsk, Arktik. Masjid ini terdaftar dalam Guinness Book of Records sebagai masjid yang letaknya paling utara di dunia.
Desainnya sangat khusus, berbeda dari masjid lain di dunia. Maklum saja ini karena harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca dan iklim ekstrem di wilayah utara Rusia yang tak jauh dari lingkar Artik.

Contohnya menara Norilsk. Bila di masjid lain bentuknya bulat, menara Masjid Noorda Kamal berbentuk persegi. Hal ini didasarkan fakta bahwa dengan membangun dinding dengan bentuk seperti itu, batu bata tidak membeku dan lebih tahan terhadap beban angin.
Masjid ini dibangun pengusaha Mithada Bikmeyeva, seorang etnis Tatar yang lahir di Norilsk. Masjid ini dinamai Noorda Kamal untuk menghormati ayahnya Nuritdin dan ibunya, Gaynikamal.

4. Masjid Juma Derbent, Republik Dagestan
4-Masjid Juma Derbent Republik DagestanKota Derbent, Republik Dagestan, yang merupakan salah satu kota tertua di dunia, didirikan pada 438 M. Masjid Juma dibangun pada tahun 773 M. Sesuai namanya, masjid ini dibangun untuk menampung warga kota untuk menjalankan ibadah shalat Jumat. Jangan heran jika bangunannya adalah yang terbesar di Derbent pada masa itu.

Akibat gempa pada abad akhir ke-14, masjid tertua di Rusia ini mengalami kerusakan parah sehingga dilakukan restorasi besar-besaran. Sayang sekali selama berlangsungnya kampanye ateis pada 1930-an, masjid ini ditutup, bahkan beralih fungsi menjadi penjara kota.

Fungsinya sebagai tempat ibadah baru dipulihkan pada pertengahan abad ke-20 yang sekaligus menandai pemulangannya kepada Dewan Ulama Derbent. Sekarang masjid megah ini dimasukkan UNESCO dalam daftar Warisan Budaya Dunia. Bersambung ……………. (Ervan Hardoko; Russia beyond the headline; dan
http://internasional.kompas.com/read/2015/08/13/17001971/Inilah.7.Masjid.Paling.Menakjubkan.di.Rusia?utm_source=megapolitan&utm_medium=cpc&utm_campaign=artbox)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close