Opini dan sukses bisnis

Membuka toko kelontong

Cara Membuka Warung atau Toko Kelontong yang Tepat

Banyak peluang usaha dan bisnis yang dapat dilakukan dirumah antara lain yaitu membuka toko kelontong. Toko Kelontong adalah salah satu bisnis yang saat ini banyak di lirik oleh para pebisnis baru.

 

Bisnis toko kelontong tidak perlu modal besar dan keahlian khusus namun cukup menjanjikan karena fokusnya penyediaan barang-barang kebutuhan rumah tangga seperti : sembako, alat tulis kantor, serta beberapa perabot rumah tangga lainnya. Cara Membuka Warung atau Toko Kelontong yang Tep

 

Walau banyak minimarket berdiri, namun keberadaan toko kelontong tidak surut karena bisnis ini bisa menjangkau tempat yang tidak terjangkau minimarket seperti di perkampungan2, gang2 kecil yang target pasarnya tetangga dan orang di lingkungan sekitar.

 

Membuka usaha toko kelontong ini cocok untuk Anda yang ingin fokus berada di rumah sekaligus bisa mengurus keluarga. Berbisnis seperti membuka toko kelontong jadi impian menggebu, namun tidak sedikit yang mengalami keraguan memulainya. Berikut ada tips membuka usaha toko kelontong :

  1. Pilih lokasi yang strategis, usahakan tidak terlalu dekat jarak dengan toko kelontong atau minimarket lainnya karena bisa mendatangkan persaingan yang tidak sehat.
  2. Buatlah tempat yang menarik. Anda bisa menggunakan bagian dari rumah Anda seperti garasi atau teras rumah bahkan halaman rumah Anda untuk menekan biaya modal awal.

 

  1. Gunakan etalase dan susun lah barang-barang dagangan semenarik mungki Besarnya etalase dapat Anda perkirakan dari berapa banyak barang yang akan Anda jual.
  2. Dapatkan agen atau distributor barang yang lebih murah dan berkualitas.  Anda disarankan untuk mensurvey sendiri beberapa agen atau distributor. Yang perlu Anda ingat adalah jangan terjebak dengan harga murah, kualitas tetap nomor satu.

 

  1. Susunlah daftar barang yang akan disediakan di toko kelontong Anda dan buatlah prioritas barang mana yang akan cepat laku dijual maka Anda harus mempunyai stok yang lebih banyak.
  2. Selalu cek ketersediaan barang agar stok selalu tersedia.
  3. Komitmen Anda sebagai pebisnis. Selalu datang ke toko dan melayani pelanggan dengan ramah. Walaupun Anda sudah mempunyai karyawan yang membantu, Anda tetap harus berada di toko dan melayani pelanggan, karena pada dasarnya pelanggan lebih suka dilayani oleh si pemilik toko.

 

  1. Pelayanan yang Memuaskan (Service Excellence). Pelayanan yang membuat pembeli puas adalah kunci yang utama. Ini dikarenakan produk yang Anda jual tidak memiliki keunikan dibanding dengan produk yang dijual kompetitor (penjual lain).
  2. Selalu Memperhatikan Harga Jual. Dalam menjalankan bisnis toko kelontong ini, Anda harus jeli dalam menentukan harga jual. Jangan sampai harga jual barang di toko Anda lebih mahal dibanding toko lain.

 

  1. Membuat Komunikasi Dan Promosi. Buatlah komunikasi sederhana di dalam toko. Anda dapat menuliskan harga jual barang dalam selembar kertas dengan warna yang menarik jika yakin harga jual lebih murah dibanding kompetitor. Anda juga bisa membuat spanduk dengan tulisan “Dapatkan Harga Murah Tiap Hari Disini”.

 

Bagaimanapun juga (secara psikologis) tulisan “Murah” akan lebih mendorong calon pembeli untuk masuk toko Anda. Pada waktu-waktu tertentu, buatlah promosi yang menarik untuk pembeli. Misalnya,”Dapatkan 1 bungkus mie instant dengan membeli beras 10 kg” atau

 

“Kumpulkan 5 nota pembelian dengan total Rp 200 ribu dan dapatkan 1 bungkus Gula Pasir”. Tentu saja dalam membuat program promosi Anda harus melakukan perhitungan yang matang agar tidak sampai rugi.

 

  1. Memberikan Jasa Pengiriman. Jika pembeli berbelanja dalam junlah yang cukup besar, Anda bisa memberikan bonus jasa pengiriman barang secara gratis sampai ke rumah. Biasanya pembeli akan merasa senang jika mereka dibantu dan diperhatikan.

(http://www.bisnisonlinegratisan.com/2013/11/cara-membuka-warung-atau-toko-kelontong.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close