Opini dan sukses bisnis

Menghadapi konsumen cerewet

Cara Menghadapi Konsumen Cerewet, Rewel Atau Marah : Berusaha memberi yang pelanggan harapkan dan membuat mereka puas adalah hal2 yang diinginkan pebisnis/penjual. Namun, terkadang ada saja konsumen yang cerewet, marah atau rewel yang berkaitan dengan pelayanan kita.

 

Sehingga bagi para pelaku bisnis, akan sangat baik jika anda mengetahui bagaimana cara terbaik untuk menghadapi komplain dari para konsumen yang cerewet atau rewel.

 

Menaklukan konsumen yang merasa tidak puas atau marah pada pelayanan dari bisnis anda akan dapat membantu untuk meningkatkan citra anda di depan konsumen dan dapat menarik konsumen lain untuk datang menjadi konsumen baru anda. penasaran bagaimana cara menaklukan atau menghadapi para konsumen yang cerewet, rewel atau marah pada anda? Berikut ini ulasannya.

 

Menjadi pendengar yang baik

Ketika anda harus menghadapi konsumen yang komplain dan marah pada bisnis anda, maka usaha pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mendengarkan keluhan dari konsumen tersebut. Cara ini akan membuat konsumen merasa dihargai dan diperhatikan keluhan atau opininya.

 

Selain itu, anda juga bisa mengetahui yang perlu dilakukan untuk mengatasi kekecewaan dari pelanggan anda dengan mendengarkan keluh kesah mereka. Tunjukkan bahwa anda benar benar peduli dengan masalah yang mereka hadapi dan tunjukkan pula usaha anda untuk membantu konsumen anda dalam mengatasi masalah tersebut.

 

Ketika konsumen anda sedang mengeluarkan keluh kesahnya, maka anda jangan berusaha untuk memotong keluh kesah dari konsumen anda, karena mereka akan merasa tidak dihargai apabila anda melakukannya.

 

Berikanlah suatu solusi dari permasalahan dan bukan penolakan untuk membela diri

Konsumen yang melakukan komplain akan sangat biasa jika mereka berada pada emosi yang tidak baik. Oleh karena itu, berusaha menyanggah dan membela diri anda akan menjadi hal yang sia sia. Justru, konsumen anda akan menjadi tidak lagi menghargai anda sebagai langganan bisnisnya dan citra usaha bisnis anda juga akan buruk.

 

Oleh karena itu, berikanlah solusi yang tepat bagi konsumen anda sehingga konsumen anda bisa memecahkan masalah mereka dengan baik. Atau paling tidak, anda bisa berdiskusi dengan konsumen anda mengenai jalan tengah terbaik yang bisa anda lakukan berdua untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Cara semacam ini akan sangat penting dalam menjaga hubungan baik dengan para konsumen sehingga konsumen akan selalu merasa senang untuk berbisnis dengan anda.

 

Memberikan obat untuk kekecewaan pelanggan

Pelanggan yang merasa kecewa terhadap produk atau pelayanan anda dapat berpotensi menjadi pelanggan yang akan meninggalkan anda. Pelanggan seperti ini dapat merugikan anda karena mereka bisa bercerita dengan orang orang terdekatnya mengenai kekecewaan mereka terhadap produk maupun pelayanan dari bisnis anda.

 

Oleh karena itu, berikanlah satu pengobat yang bisa menyembuhkan kekecewaan mereka. Seperti misalnya adalah memberikan voucher khusus, harga diskon khusus atau pelayanan gratis untuk pembelian maupun apa saja yang terkait dengan bisnis anda. Cara ini selain bisa menjadi media untuk promosi yang baik juga bisa mengembalikan rasa percaya dari pelanggan pada anda.

 

Berikanlah sikap yang personal

Pelanggan juga manusia yang perlu dimanusiakan. Sehingga ketika anda menghadapi konsumen yang merasa kecewa atau marah pada kualitas produk atau pelayanan usaha anda, cobalah menghadapinya dengan ramah dan lebih personal. Cara ini akan membuat konsumen anda merasa nyaman ketika berbicara dengan anda. (http://www.scribshare.com/cara-menghadapi-konsumen-cerewet-rewel-atau-marah/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close