Aku cinta Indonesia

Setasiun bergaya Eropa di Tanjungpriuk akan dihidupkan

Jakarta -Stasiun bergaya Eropa (3.768 m2) di Tanjung Priok sudah lama tidak beroperasi. Stasiun yang dibangun 1914 ini kondisinya terbengkalai karena tidak dirawat. Padahal, Stasiun Tanjung Priok adalah salah satu stasiun bergaya unik di Jakarta yang dibangun pada era kolonial. Dengan 6 jalur, stasiun ini sama besarnya dengan Stasiun Manggarai.

 

Di masa lalu Stasiun Tanjung Priok dilengkapi penginapan dan bar mewah untuk orang2 Eropa, fasilitas yang tidak ada di stasiun2 lain di Jakarta. Tapi ada kabar baik, sejak 1/10/15 Stasiun Tanjung Priok direnovasi. Stasiun ini akan dihidupkan untuk jalur kereta penumpang.

“Hari ini ada uji coba KRL dari Stasiun Kota ke Stasiun Tanjung Priok,” kata Kepala Stasiun Tanjung Priok, Sahlan, ke detikFinance di Stasiun Tanjung Priok, Jakarta (23/11/15). Renovasi Stasiun Tanjung Priok akan selesai Januari 2016. Jalur kereta penumpang telah selesai diperbaiki dan diujicoba digunakan. Sahlan memperkirakan waktu tempuh dari Stasiun Tanjung Priok ke Stasiun Kota berkisar 30 menit.

“Ada 4 stasiun yang akan dilalui dari Tanjung Priok ke Stasiun Kota. Waktunya sekitar setengah jam,” ujarnya. Stasiun yang akan dilalui oleh KRL Tanjung Priok-Kota : Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Kampung Bandan, Stasiun Ancol, dan Stasiun Kota. (Ang/Ang; Michael Agustinus; http://finance.detik.com/read/2015/11/23/150626/3078137/4/stasiun-bergaya-eropa-di-tanjung-priok-akan-dihidupkan-kembali)-FatchurR

————–

Sajian lainnya silahkan :

  1. Commuter line Padalarang-Cicalengka
  2. Disiapkan 4T untuk dorong perikanan tangkap
  3. Empat setasiun yang disinggahi KA cepat Jkt-Bdg
  4. Empat ruas Tol akan dioperasikan 2017

———–

 

Commuter line Padalarang-Cicalengka

Merdeka.comWilayah Bandung Raya menjadi satu dari enam kota aglomerasi yang dikembangkan pemerintah pusat untuk angkutan masal perkotaan dalam 5 tahun ke depan. Pada tahun 2016 rencananya dibangun kereta Commuter Line penghubung Padalarang-Cicalengka.

“Dalam waktu dekat dibangun LRT (Light Rail Transit) dan mulai tahun depan akan dibangun kereta commuter Padalarang-Cicalengka yang akan diteruskan ke bandara Kertajati,” ujar Direktur Transportasi Bappenas, Bambang Prihantono kepada wartawan (13/11). Untuk mewujudkan hal ini bukanlah perkara mudah. Pembebasan lahan menjadi kendala umum yang dihadapi.

“Kendala umum di daerah perkotaan untuk membebaskan lahan tidak mudah. Koordinasi antar instansi karena banyak stakeholder yang terlibat dan kemudian master plan yang ada belum terpadu,” katanya. Sementara itu, terkait sumber pembiayaannya sendiri akan didanai dari APBN.

“Pembiayaan dari Pemerintah Pusat karena belum ada swasta yang tertarik membiayai secara serius,” ujar dia menandaskan. (FRH; http://www.merdeka.com/peristiwa/commuter-line-padalarang-cicalengka-akan-dibangun-tahun-depan.html

———–

 

Disiapkan 4T untuk dorong perikanan tangkap

Jakarta, CNN Indonesia — Menteri KP, Susi Pudjiastuti akan menggelontorkan anggaran Rp 4 triliun untuk mengembangkan perikanan tangkap Indonesia. Hal ini dilakukan menggenjot hasil sektor perikanan tangkap nasional yang saat ini dinilai sudah luar biasa. “Kalau negara mampu tidak ada. Tidak boleh,” ujar Susi dikutip dari lama resmi KKP, Jumat (20/11).

Selain menyiapkan anggaran jumbo, Susi bilang akan minta Kadin mendukung nelayan Indonesia agar bisa leluasa menangkap ikan. Bentuk dukungan yang dimaksud meliputi penyediaan Akses memperoleh  investasi di usaha pengolahan, menciptakan pasar ikan hasil tangkap, sampai pada membantu dan membina nelayan di Indonesia.

 

Dengan hasil luar biasa itu, kata Susi sudah seyogyanya Kadin makin mengapresiasi perikanan Indonesia dengan membeli ikan langsung dari nelayan. Terlebih saat ini, dengan adanya pemberantasan illegal fishing, semua ikan sudah pasti ke pinggir sehingga mempermudah nelayan untuk menangkapnya.

“Bohong kalau dibilang kita kekurangan bahan baku ikan. Harga saja turun, ini menunjukkan ikan kita banyak. Kalau asing mau berinvestasi, bisa bikin pabrik pengolahan, tapi tidak untuk tangkap ikan. Banyak mudaratnya dari manfaatnya. Jangan semua di dorong agar sektor perikanan tangkap juga dilakukan asing,” tambahnya.

Sebelumnya, Waketum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto menolak usulan Susi yang ingin menutup rapat sektor perikanan tangkap bagi asing. Ini dikarenakan penangkapan perikanan tangkap asing berpotensi membuat industri-industri pengolahan ikan di Indonesia kekurangan ikan.

Tak cuma itu, dampak kian berkurangnya akses nelayan nasional akan terasa pada berkurangnya bahan baku dan kapal-kapal nelayan lokal yang bisa memenuhi pasokan untuk industri pengolahan ikan. (dim; http://cnnindonesia.com/ekonomi/20151120150752-92-92966/dorong-perikanan-tangkap-menteri-susi-siapkan-anggaran-rp4-t)-FatchurR

————–

 

Empat setasiun yang disinggahi KA cepat Jkt-Bdg

Jakarta -Kereta cepat (High Speed Railways/HSR) rute Jakarta-Bandung mulai beroperasi pada kuartal I-2019. Ada 4 stasiun yang bakal disinggahi. Menurut Dirut PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI), Dwi Windarto, 4 stasiun itu di Halim Jakarta Timur, Karawang, Walini Kab-Bandung Barat, dan Gedebage Bandung.

“Awalnya 8 stasiun. Tapi tahap awal, kereta cepat rutenya Halim, Karawang, Walini, dan Gedebage,” katanya usai acara join Venture Agreement Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Hotel Pullman, Jakarta, Jumat (16/10/15). PSBI, perusahaan patungan terdiri 4 perusahaan pelat merah : PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII, dan PT KAI.

Dalam menggarap proyek kereta cepat, PSBI bikin perusahaan patungan dengan China Railway International Co. Ltd. bernama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). PSBI pegang 60% saham sedangkan 40% sisanya oleh pihak China.

Tarif kereta berkecepatan 250 km/jam US$ 16, atau Rp 200.000-Rp 225.000 sekali jalan. (ang/dnl; http://finance.detik.com/read/2015/10/16/141833/3045712/4/ini-4-stasiun-yang-disinggahi-kereta-cepat-jakarta-bandung)-FatchurR

————

Empat ruas Tol akan dioperasikan 2017

JAKARTA – Empat ruas tol milik anak usaha PT Astra International Tbk (ASII), yaitu PT Astratel Nusantara (AN) ditargetkan dapat beroperasi penuh pada 2017. “Tahun 2017 atau 2018 keempat tol tersebut sudah bisa jalan,” ujar Direktur ASII Paulus Bambang Widjanarko di Jakarta, Senin (16/11/2015).

Ke-4 tol itu : ruas Tangerang-Merak sejauh 72,4 km, Jombang-Mojokerto 40,5 km, Serpong-Kunciran 11,25 km, dan Semarang-Solo 72,64 km. Paulus memaparkan, melalui kepemilikan 79,31% saham di PT Marga Mandalasakti (MMS) untuk ruas tol Tangerang-Merak, Astratel menyelesaikan jalur ketiga Cikupa-Balaraja pada Juni lalu.

Dengan kepemilikan 95% saham di PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) untuk ruas tol Jombang-Mojokerto, Astratel kini menggarap seksi II dan III. “Seksi I 14,7 km sudah, sedang garap seksi II dan III. Kita harap tahun depan selesai, akuisisi lahan sudah 93%, tinggal 7%,” kata Paulus.

Paulus menambahkan, Astratel juga memiliki 40% saham di PT Marga Trans Nusantara (MTN) selaku penggarap ruas tol Serpong-Kunciran. Saat ini, proses akuisisi lahan masih 54%. “MTN Kunciran-Serpong masih 54%. Juni tahun depan akan selesai dan mulai bangun pada bulan Juli,” jelasnya.

Terakhir, Astratel memiliki 25% saham di PT Trans Marga Jateng (TMJ); pemilik ruas tol Semarang-Solo. Proses pembangunan ruas tol ini sudah sampai tahap merampungkan seksi II dan III. “Trans Marga Jateng selesai seksi I. Kini seksi II dan III berjalan, tahun depan selesaikan ruas IV dan V,”. (rna; http://ekbis.sindonews.com/read/1061963/34/empat-ruas-tol-milik-astra-beroperasi-2017-1447661661

Yanuar Riezqi Yovanda; http://ekbis.sindonews.com/read/1061963/34/empat-ruas-tol-milik-astra-beroperasi-2017-1447661661http://ekbis.sindonews.com/read/1061963/34/empat-ruas-tol-milik-astra-beroperasi-2017-1447661661)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close