Kesehatan

Virus baru yang ditularkan nyamuk

JAKARTA, KOMPAS.com – Bertambah lagi virus yang ditularkan nyamuk. Pertama kalinya Indonesia melaporkan kehadiran virus Zika. Awalnya virus ini hanya ditemukan di Afrika, Kepulauan Pasifik, dan beberapa negara Asia Tenggara. Zika masuk famili virus yang menyebar melalui nyamuk Aedes, misal demam dengue, demam kuning, dan west nile.

Menurut Dr.Herawati Sudoyo Ph.D, Deputi Direktur Eikjman Institute, virus ini pertama dikenali lembaganya karena memiliki platform atau metode deteksi berbagai jenis virus. Lembaga Eikjman mampu memeriksa paling tidak panel 14 famili virus : Filoviridae, Paramyxoviridae, Togaviridae, Flaviridae, Bunyaviridae, Alphaviridae, Bicavirus, Seadornavirus, Arenavirus dan Hantavirus.

Total virus per famili bervariasi dari 50 hingga lebih dari 300. Secara kasar, total virus yang bisa diprediksi sekitar 1800 jenis virus.”Bila positif dengan panel akan dilihat lebih lanjut dengan metode sekuensing untuk jenis virusnya. Dengan cara itu virus zika terdeteksi,” kata Herawati ketika dihubungi Kompas.com (16/11/15).

Setiap virus baru yang berhasil diidentifikasi, dilaporkan ke Kemenkes sebelum dipublikasikan kepada publik. Herawati mengaku belum mengetahui dari mana virus ini berasal. Namun, peneliti di Eikjman Institute menemukan virus ini saat terjadi wabah demam dengue di Provinsi Jambi, pada periode Desember 2014 sampai April 2015.

Virus Zika, jelas Herawati, tidak menyebabkan kelainan berat seperti halnya demam dengue. “Hanya menimbulkan demam saja, skalanya menengah. Tapi setiap virus tetap perlu diwaspadai,” ujarnya. Ia menambahkan, upaya penanggulangan dan penanganan orang yang terjangkit virus ini sama seperti halnya demam dengue.

“Sebenarnya jika ada pasien yang hasilnya negatif untuk demam dengue tetap perlu diteruskan, dicari virusnya apa. Jangan puas dengan hasil yang ada, apalagi kalau alatnya ada,” kata Herawati. Pasien yang terjangkit virus zika akan mengalami gejala sakit kepala, demam, serta ruam di beberapa bagian tubuh.

Pencegahan dilakukan dengan menghindari gigitan nyamuk dan menjaga kesehatan tubuh secara umum. (Lusia Kus Anna; http://health.kompas.com/read/2015/11/16/170515923/Indonesia.Laporkan.Virus.Baru.yang.Ditularkan.Nyamuk)-FatchurR
————-
Ikuti terus warta kesehatan lainnya :
1. Makan Buah Saat Perut Kosong
2. Manfaat ber-gowes
————

Makan Buah Saat Perut Kosong
Dr Stephen Mak merawat pasien sakit kanker stadium akhir dengan cara yang “tidak ortodoks” dan banyak pasien yang cenderung sembuh (penyakitnya terkendali). Sebelumnya ia menggunakan energi matahari untuk membersihkan penyakit pasiennya, ia percaya pada penyembuhan alami dalam tubuh terhadap penyakit. Lihat artikelnya di bawah ini.

Ini salah satu strategi untuk menyembuhkan kanker. Sampai akhir, tingkat keberhasilan saya dalam menyembuhkan kanker adalah sekitar 80%. Obat untuk kanker sudah ditemukan – dengan cara kita makan buah-buahan.

Makan buah
Kita semua berpikir makan buah berarti hanya membeli buah-buahan, memotongnya dan hanya memasukkannya ke dalam mulut kita. Ini tidak semudah yang Anda pikirkan. Untuk mengetahui bagaimana dan kapan untuk makan buah-buahan.

Apa cara yang benar makan buah-buahan?
Tidak makan buah-buahan setelah makanan anda, Buah-buahan harus dimakan pada perut kosong. Jika Anda makan buah pada saat perut kosong, itu memainkan peran utama untuk mendetoksifikasi sistem anda, menyediakan Anda dengan banyak energi untuk menurunkan berat badan dan kegiatan kehidupan lainnya.

Buah adalah makanan paling penting.
Katakanlah Anda makan dua potong roti dan kemudian sepotong buah. Potongan buah masuk mulut terus lambung ke dalam usus, tetapi terhalang karena roti telah dimakan sebelum buah. Sementara itu seluruh makanan roti & buah membusuk dan fermentasi dan berubah menjadi asam.

Ketika buah bersentuhan dengan makanan di perut dan jus pencernaan, seluruh massa makanan mulai merusak. Jadi silahkan makan buah-buahan Anda pada saat perut kosong atau sebelum makan Anda

Anda telah mendengar orang mengeluh: Setiap kali aku makan semangka aku bersendawa, ketika aku makan durian perutku kembung, ketika saya makan pisang aku merasa seperti lari ke toilet, dll. Sebenarnya semua ini tidak akan muncul jika Anda makan buah pada waktu perut kosong.

Buah bercampur dengan pembusukan makanan lain dan menghasilkan gas dan karenanya Anda akan kembung. Rambut putih, botak, gugup dan lingkaran hitam di bawah mata semua ini tidak akan terjadi jika Anda mengkonsumsi buah pada waktu perut kosong.

Buah-buahan, seperti jeruk dan lemon bersifat asam, karena semua buah-buahan menjadi basa dalam tubuh kita. Menurut Dr Herbert Shelton yang melakukan penelitian mengenai hal ini. Jika Anda telah menguasai cara yang benar makan buah-buahan, Anda memiliki RAHASIA dari keindahan, umur panjang, kesehatan, energi, kebahagiaan dan berat badan normal.

Bila Anda perlu minum jus buah, hanya minum jus buah segar, TIDAK dari kaleng, kemasan atau botol.
Bahkan tidak minum jus yang telah memanas. Jangan makan buah dimasak karena Anda tidak mendapatkan nutrisi sama sekali. Anda hanya mendapatkan rasanya. Memasak menghancurkan semua vitamin. Tapi makan buah utuh lebih baik daripada minum jus.

Jika minum jus buah segar, minumlah seteguk demi seteguk perlahan, karena Anda harus membiarkan bercampur dengan air liur Anda sebelum menelannya. Anda dapat melakukan 3 hari berpuasa dengan buah untuk membersihkan atau detoksifikasi tubuh Anda. Hanya makan buah dan minum jus buah segar sepanjang 3 hari. Anda akan terkejut ketika teman Anda memberitahu Anda terlihat berseri

KIWI: Kecil tapi perkasa. Ini adalah sumber yang baik dari potassium, magnesium, vitamin E & serat.
Kandungan vitamin C-nya adalah dua kali lipat dari jeruk.

APPLE: Satu apel sehari dapat menghindarkan dari penyakit?
Meskipun sebuah apel memiliki kandungan vitamin C rendah, ia memiliki antioksidan & flavonoid yang meningkatkan aktivitas vitamin C dengan demikian membantu untuk menurunkan resiko kanker usus, serangan jantung & stroke.

STRAWBERRY: Buah pelindung. Stroberi memiliki total kekuatan antioksidan tertinggi di antara buah-buahan utama & melindungi tubuh dari penyebab kanker, darah kapal-penyumbatan dan radikal bebas.

ORANGE: Obat yang paling manis. Mengambil 2-4 jeruk dalam sehari dapat mencegah pilek, menurunkan kolesterol, mencegah dan melarutkan batu ginjal serta mengurangi risiko kanker usus.

SEMANGKA: Pelepas dahaga. Terdiri dari 92% air, juga dikemas dengan dosis raksasa glutathione, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Juga merupakan sumber utama likopen oksidan melawan kanker. Nutrisi lain yang ditemukan dalam semangka adalah vitamin C & Potasium.

JAMBU & PEPAYA: Top award untuk vit-C. Buah ini pemenang untuk kandungan vitamin C tinggi.
Jambu biji juga kaya serat, yang membantu mencegah sembelit. Pepaya kaya akan karoten; ini baik untuk mata Anda.

Minum air dingin atau minuman setelah makan = Kanker. Bagi yang suka minum air dingin atau minuman dingin, artikel ini mungkin berguna untuk Anda. Menyenangkan sekali jika memiliki secangkir air dingin atau minuman dingin setelah makan. Namun, air dingin atau minuman akan memadatkan minyak yang baru saja dimakan. Ini akan memperlambat pencernaan.

Setelah ini ‘lumpur’ bereaksi dengan asam, akan merusak dan diserap usus lebih cepat dari pada makanan padat. Ini akan berbaris dalam usus besar. Segera, ini akan berubah menjadi LEMAK dan menyebabkan KANKER. Cara terbaik adalah untuk minum sup panas atau air hangat setelah makan.

Catatan penting tentang serangan jantung.
Prosedur serangan jantung: Perempuan harus tahu bahwa tidak tiap gejala serangan jantung adalah sakit pada lengan kiri. Menyadari rasa sakit di garis rahang. Anda mungkin tidak pernah memiliki nyeri dada pertama selama serangan jantung. Mual dan berkeringat intens juga gejala umum.

Enam puluh persen orang yang mengalami serangan jantung saat mereka tertidur tidak bangun. Rasa sakit di rahang bisa membangunkan Anda dari tidur nyenyak. Mari berhati-hati dan waspada. Semakin banyak kita tahu kesempatan yang lebih baik kita bisa bertahan hidup. (Bagoes Wedyasena-72)-72
————

Manfaat ber-gowes
Sekedar sharing pengalaman bersepeda dihari tua : Gowes bukan hoby saya, hoby saya semula main badminton, akan tetapi 10 thn yg lalu pada saat umur saya 57 tahun, saya terkena osteoartritis ( sendi lutut aus), tidak boleh raga jalan kaki apalagi lari lompat seperti badminton.

Hanya boleh 2 pilihan OR : Renang dan sepedaan. Semula saya pilih renang, tetapi hanya bertahan 6 bulan karena BOSAN, karena waktunya dan tempat renang tertentu & tak ada teman dan beaya lumayan tinggi.

Pindah pilihan kedua sepedaan rutin dgn jarak pendek 15 km awalnya, stress berat ketakutan dgn sepeda motor dan kendaraan lain ketika bersepeda dijalan raya. Setelah lewat 2th baru mulai bersepeda jarak jauh 60/70 km, dan meningkat sampai 200 km pada tahun ke 5.

Pada tahun ke 7 saya bersepeda, yaitu tahun 2010 dimana umur saya sudah 62 tahun, hingga sekarang, saya sudah bersepeda keliling Jawa Timur hingga Jogya dan Semarang, kemudian keliling BALI 400km (3x), dan Surabaya ke Denpasar 427km (4X), Jakarta – Surabaya 850km (4x).

Perlu diketahui pada tahun 1993, yaitu 22 tahun lalu, saya pernah masuk ICU Harapan Kita karena ada koroner / penyempitan pembuluh darah jantung sekitar 60%, satu saluran sempat pasang pacu jantung (pace maker) sementara.

Selama 10 th bersepeda, hasil test treadmill yg saya lakukan tidak memperlihatkan adanya indikasi SUMBATAN jantung koroner, dan dinyatakan “layak bersepeda” JAKARTA – SURABAYA, dan baru tahun ini diketemukan lagi adanya SUMBATAN yg ternyata hanya ditempat yg sama yg diketemukan 24 tahun yg lalu.

Kata Dr sdh bagus bisa bertahan 24 th dan sumbatan tidak bertambah atau tidak ada sumbatan dipembuluh darah jantung yg lain lagi karena rajin bersepeda, jadi hanya ada ditempat yg diketemukan dulu, dan saya masih bisa bersepeda walau ada sumbatan koroner. Tahun ini Dokter memasang ring / stent pada jantung saya ditempat diketemukan koroner tsb karena sumbatan sudah meningkat.

Sekarang saya sudah aktif bersepeda lagi. Sepeda adalah OR paling ringan, LEBIH ringan dari jalan kaki atau marathon, dan cocok untuk manusia lansia, tidak membosankan, lingkungan sekeliling bersepeda selalu berganti tergantung kita mau kemana bisa masuk pelosok2 desa yg hijau sejuk dan asri.

Banyak teman2 umur 70 tahun bahkan 80 tahun MAMPU bersepeda JAKARTA – SURABAYA. Kehujanan bersepeda tak masuk angin malah senang dan berharap ada hujan ketika bersepeda luar kota. AGE IS NOT BARRIER TO CYCLING, IT KEEPS US FIT AND YOUNG. Terus Sepedahan Sampai Tua. (MBR-72; pengalaman Pak GUNAWAN, ex PDFCI, 18 Nov 2015; dari grup WA sebelah)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close