Kesehatan

Berhenti merokok bikin sakit kepala?

Merdeka.com – Keputusan berhenti merokok tentu signifikan akan menjauhkan kita perlahan dari risiko penyakit berbahaya seperti kanker, serangan jantung, dan stroke. Menurut National Cancer Institute, kita tidak menuai hasil dari berhenti merokok segera setelah kamu memutuskan untuk berhenti.

Ini butuh beberapa hari atau minggu pertama terhitung sejak berhenti merokok. Ini memberi efek samping : Pusing atau sakit kepala. Tapi ini normal terjadi, karena tubuh mulai mendapat lebih banyak oksigen. Melansir dari livestrong.com, berikut tiga langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek samping karena berhenti merokok.

1. Lakukan secara bertahap
Jangan lakukan secara mendadak. Cobalah untuk menjauhkan diri dari rokok secara bertahap. Setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun rokok melekat pada diri kamu, tentu saja nikotin akan menumpuk pada sistem pernapasanmu. Ketika kamu tidak lagi mempertahankan nikotin, tubuh kamu akan melakukan penyesuaian yang menyebabkan gejala seperti sakit kepala.

2. Latihan pernapasan
Terdengar sedikit aneh tapi cara ini cukup ampuh. Untuk mengurangi rasa pusing dan sakit kepala cobalah untuk melakukan latihan pernapasan. Cara ini akan membuat kamu merasa lebih santai dan mengurangi rasa sakit di kepala kamu. Tarik napas dalam-dalam perlahan. Tahan selama lima detik dan buang napas perlahan. Lakukan hal yang sama hingga hitungan ketujuh.

3. Konsumsi air putih yang cukup
Kurangnya asupan air putih akan membuat kamu dehidrasi. karena dehidrasi juga menyebabkan sakit kepala, maka kondisi ini akan memperparah sakit kepala yang kamu alami karena berhenti merokok. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak air, teh herbal, atau jus segar untuk mencegah kamu dari dehidrasi. Selain itu, cobalah untuk mengurangi minuman yang bisa menyebabkan dehidrasi seperti kopi atau minuman berkafein lainnya.

Tips ini tergolong cukup mudah untuk mengatasi sakit kepala kamu. Jadi, sekarang tidak ada alasan lagi untuk menunda keputusan berhenti merokok, kan? (SRA; http://www.merdeka.com/sehat/berhenti-merokok-bikin-kamu-sakit-kepala-atasi-dengan-3-tips-ini.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close