Iptek dan Lingk. Hidup

Didorong konsep berbagi industri Telekomunikasi

Jakarta, CNN Indonesia“Saya harap tahun 2019 hanya ada 4 operator seluler di Indonesia,” kata Menkominfo, Rudiantara, yang mendorong efisiensi dalam industri telekomunikasi. Dia sejak awal berharap agar industri telekomunikasi dapat berbagi (sharing) infrastruktur. Saat ini, ia punya rencana melakukan berbagi infrastruktur secara aktif atau active sharing.

Active sharing ini tak menutup kemungkinan para operator telekomunikasi melakukan berbagi perangkat radio pemancar sampai frekuensi. Selama ini, konsep berbagi infrastruktur telekomunikasi yang dilakukan di Indonesia masih bersifat pasif, hanya mengarah pada berbagi peralatan penunjang seperti menara base transceiver station (BTS).

 

Active sharing, menurut Rudiantara, dapat menekan belanja modal perusahaan telekomunikasi dan menekan defisit neraca perdagangan Indonesia yang salah satunya dipicu oleh tingginya angka impor produk telekomunikasi, mulai dari radio pemancar sampai ponsel untuk konsumen.

Konsep berbagi ini atas permintaan sejumlah operator seluler, walau ada pemain yang tidak mau melakukan sharing. Hal ini, merupakan keputusan bisnis masing2 perusahaan. “Sharing hanya awal dari proses konsolidasi. Intinya efisiensi. Dengan sharing kita dapat meningkatkan skala ekonomi,” ujar Rudiantara dalam diskusi IndoTelko Forum bertajuk “4G, What’s Next?” di Jakarta, Senin (7/12).
Ia pun mendorong agar perusahaan telekomunikasi dapat melakukan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah. Ia mengancam bakal mencabut izin operator seluler yang tidak komitmen melakukan pembangunan infrastruktur. “Kalau tidak perform, cabut saja. Kalau sekadar denda, tidak ada benefit buat industri,” tegas Rudiantara.

Hal ini dinilai Menkominfo sejalan dengan upaya membangun ekosistem digital yang ingin ditempuh operator seluler, sebagai “alat” ampuh sebagai enabler pertumbuhan ekonomi. (adt/eno; Aditya Panji, CNN Indonesia ; http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20151207151133-213-96524/menkominfo-dorong-konsep-berbagi-di-industri-telekomunikasi/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close