Iptek dan Lingk. Hidup

Pemicu borosnya Bahan Bakar mobil

Jakarta – Untuk menghemat penggunaan BBM, Anda tidak harus punya mobil hybrid. Fitur berjenis eco-care telah banyak diluncurkan berbagai merek kendaraan demi mengedukasi masyarakat berhemat bahan bakar. Penghematan BBM mutlak. Kalangan pengemudi, dapat berhemat bila tahu caranya. Informasi cara2 yang dapat dilakukan pengendara untuk berhemat BBM apapun merek-jenis mobilnya.

 

Berat Muatan Barang

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah berat muatan barang yang dibawa dalam mobil pada saat bepergian. Jika Anda membawa dua buah koper yang memiliki berat 20 kg dan sebuah boks dengan berat 5 kg maka hal tersebut sudah mengurangi dua persen dari laju mobil.

 

Peletakan Barang Bawaan

Hal kedua yang perlu dicermati peletakan barang bawaan. Sering musim liburan atau mudik, banyak pemilik kendaraan menaruh barang di atap mobil karena kapasitas bagasi tidak cukup. Faktanya, barang2 yang ditumpuk di atap mobil itu mengurangi sisi aerodinamis mobil dan berdampak pada pemborosan bahan bakar hingga lima persen.

 

Kecepatan Tinggi (Mengebut)

Hasil analisa tampak, ngebut di jalan raya menyumbang pemborosan BBM 5% dan mengebut di jalan bebas hambatan menimbulkan pemborosan 33% pada mobil. Bila memacu mobil dari kecepatan 10 km/jam hingga 100 km/jam dengan injak pedal gas berulang setiap 1,6 km yang ditempuh, maka sama saja dengan membuang ekstra Rp 4.000 dari bensin yang seharusnya dapat dihemat.

 

Pemakaian Pendingin Udara

Pemakaian pendingin udara yang terlalu dingin menyumbang pemborosan bensin mobil hingga 10-15 persen. Gunakan pendingin udara mobil dengan temperatur yang ringan agar tidak memberatkan kinerja mesin yang berakibat pada pemborosan bahan bakar.

 

Memainkan Pedal Gas

Hal lain yang menjadi pemicu pemborosan bahan bakar adalah ketika memainkan gas mobil ketika berada di posisi steady atau idle. Hal ini membuang percuma 1/4 liter bensin. Situasi ini sering terjadi pada saat tengah berada di lampu merah, atau ketika memanaskan mobil di pagi hari.

 

Hal ini tidak diperlukan, karena kendaraan masa kini tidak lagi butuh pemanasan mesin ketika akan digunakan dan akan mati ketika didiamkan lebih dari 30 menit. (Feriawan Hidayat/FER; BeritaSatu.com dan http://www.beritasatu.com/tips-otomotif/345967-kebiasaan-ini-memicu-pemborosan-bahan-bakar-mobil.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close