Selingan

Tradisi Ingelawari di Badung

Mangupura-Pemkab Kabupaten Badung, Bali, menggelar tradisi ngelawar, atau membuat makanan tradisional khas Bali yang berbahan dasar sayur dan daging cincang. Hal itu dilakukan segenap jajaran pimpinan dan staf satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di daerah itu.

 

“Kegiatan ini sebagai upaya membangun kebersamaan dan keakraban dalam memperkenalkan tradisi ngelawar yang biasanya hanya dilakukan hari-hari tertentu, saat perayaan umat Hindu di Bali,” kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Badung AA Gde Raka Yuda, di Badung (22/1).

 

Ia mengatakan, kegiatan ngelawar (mebat) di Bali itu dikoordinir Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Badung, Dewa Apramana. Kemudian, Asisten Administrasi Pemerintahan IB Yoga Segara, yang dilaksanakan di Wantilan Jaba Pura Lingga Bhuana, pusat Pemkab Badung Mangupraja Mandala.

 

Raka Yuda menegaskan, selain sebagai kegiatan menjalin keakraban, tradisi itu sebagai bentuk penyegaran setelah dalam kurun waktu setahun seluruh jajaran pemkab di daerah itu berkutat dengan dinamika tugas yang cukup dinamis. “Jadi, sekali-kali juga, kami membutuhkan wahana untuk bisa berkolaborasi dalam sebuah tim yang tidak formal, bahkan penuh dengan candaan,” katanya.

 

Kegiatan ini memiliki tingkat intensitas yang berbeda dalam kegiatan kemasyarakatan. Itu dikarenakan, acara mebat bersama juga sempat dijadikan sebagai ajang untuk menyuguhkan kepiawain masing-masing dalam menyiapkan bahan adonan mulai dari meracik bumbu hingga membuat rames dengan memotong daging dan kulit yang dijadikan bahan lawar.

 

“Terbangunnya suasana yang diselingi guyonan ini menjadi cerita tentang pengalaman masing2 pegawai yang diisi diskusi kecil terkait tugas2 kedinasan”. Acara ngelawar bersama ini diakhiri makan bersama segenap pimpinan dan staf, termasuk juga para sopir kendaraan dinas masing masing. (Abdul Muslim/MUS; ANTARA dan http://www.beritasatu.com/kuliner/343868-badung-gelar-tradisi-ingelawari.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close