Iptek dan Lingk. Hidup

Plafon anti bocor dari ampas tebu

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG-Siswa SMAN Sumatera Selatan kembali berhasil menciptakan produk berdaya guna yang berbahan dasar limbah. Kali ini, 2 siswa SMAN Sumsel, Irfan Kesumayadi dan Richard Dika Renalchi, berhasil mengolah sekam padi dan ampas tebu menjadi plafon anti bocor.

Penemuan ini berawal dari kepedulian Irfan dan Richard pada limbah sekam padi melimpah di kampung halamannya OKU Timur juga limbah ampas tebu yang mereka lihat di pabrik gula saat perjalanan pulang dari Palembang di masa libur semester.

“Saat melihat hamparan ampas tebu di pabrik gula, kami berpikir bahwa banyak limbah ampas tebu yang akan dihasilkan dan belum dimanfaatkan dengan baik” ujar Irfan mengisahkan awal penelitiannya kepada Tribunsumsel.com Jumat (26/2/2016).

Sambungnya, Setelah membaca berbagai macam literatur, barulah keduanya mengetahui bahwa sekam padi dan ampas tebu banyak mengandung lignosellulosa yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan plywood.

“ Dari sini dilakukan penelitian berjudul Pemanfaatan Serat Ampas Tebu dan Sekam Padi Sebagai Bahan Baku Alternatif Pembuatan Plafon Papan Partikel,” paparnya. (Mochamad Krisnarisnyah ; http://sumsel.tribunnews.com/2016/02/26/dua-siswa-sman-sumsel-sulap-limbah-tebu-dan-padi-disulap-jadi-plafon-anti-bocor?page=2)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close