Kesehatan

Donor Thrombosit

Di akun pak Edy Subiarto – beliau cerita plus foto – lagi melakukan donor thrombosit. Saya penasaran donor thrombosit itu apa sih. Maka – inilah penjelasan mbah Google. Barangkali manfaat utk Anda juga…

Apakah Donor Apheresis Itu?
Apheresis adalah penerapan teknologi medis berupa proses pengambilan salah satu komponen darah dari pendonor melalui suatu alat atau mesin apheresis. Pada prosedur donor apheresis, komponen darah yang diambil hanyalah komponen yang diperlukan, misalnya platelet atau trombosit (thrombocyte). Adapun komponen darah lainnya dikembalikan lagi kedalam tubuh donor saat itu juga.

Ada beberapa jenis donor apheresis yaitu:
Trombaferesis yaitu proses apheresis untuk mengambil trombosit;Eritraferesis yaitu proses apheresis untuk mengambil sel darah merah;Leukaferesis yaitu proses apheresis untuk mengambil sel darah putih; danPlasmaferesis yaitu proses apheresis untuk mengambil plasma.

Karena prosedurnya khusus, maka syarat menjadi donor apheresis juga ada perbedaan, yaitu dalam hal:
Berat Badan Pria minimal 55 kg dan wanita minimal 60 kg.Kadar Hb 13-17 gr/%.Tekanan darah sistole antara 110-150 mmHg dan diastole 70-90mmHg.Interval donor minimal 2 minggu sekali. Namun khusus untuk eritraferesis, minimal 8 minggu sekali dan untuk plasmaferesis, minimal 1 minggu sekali.

Khususnya donor trombosit, setelah melakukan donor platelet apheresis, maka jumlah trombosit akan pulih kembali 100% dalam waktu 2 x 24 jam. Adapun pada eritraferesis, jumlah eritrosit akan pulih dalam 4-8 minggu. Dengan demikian, para pendonor apheresis dapat melakukan donor lebih banyak dari donor biasa yaitu maksimal 24 kali per tahun (interval donor minimal 2 minggu sekali).

(Agus Suryono; Sumber: F. Sidikah R. & Robby Nur Aditya – Tanya Jawab Tentang Donor Darah; http://donordarah.info/apheresis/)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close