Opini dan sukses bisnis

Pengajuan kredit bisa gagal

JAKARTA, KOMPAS.com-Kredit, sebuah solusi baru bagi anda yang berpenghasilan dengan jumlah menengah ke bawah. Dengan berpenghasilan cukup, tentu sulit bagi anda beli barang2 dengan harga mahal, atau memulai sebuah usaha dengan modal yang secukupnya.

Kehadiran sistem kredit kini bisa membantu kaum menengah itu bisa lebih berkembang, dari sisi kepemilikan barang mahal dan juga memulai usaha. Faktanya pengajuan kredit tidak semudah yang kita bayangkan. Terkadang beberapa orang yang mengajukan kredit di tolak dengan mentah2 oleh Bank.

Ada berbagai macam alasan yang bisa membuat anda ditolak mengajukan kredit. Salah satu contoh konkritnya riwayat anda dalam berhubungan dengan Bank. Riwayat anda yang tidak begitu baik, tentu anda pun sedikit kesulitan mengajukan pinjaman atau beli barang dengan menggunakan sistem kredit.

Selain itu, masih banyak hal-hal lainnya yang bisa menyebabkan ditolaknya proposal anda dalam proses peminjaman uang atau kredit. Dalam artikel ini, kami akan sedikit membahas tentang hal-hal yang bisa membuat ditolaknya pengajuan peminjaman uang ataupun pengajuan kredit.

1-Gagal Verifikasi
Dalam hal ini, verifikasi yang dimaksud adalah kegagalan dalam pengumpulan dokumen dan juga pengisian formulir. Salah satu hal yang paling sering terjadi dalam hal ini adalah tidak lengkapnya dalam pengisian data. Sebut saja seperti nomor HP ataupun alamat rumah.

Tentu saja dengan tidak lengkapnya kedua hal tersebut bisa membuat kesalah pahaman antara pihak pemberi dana dan juga pihak peminjam dana. Selain itu, anda pun harus memberikan dokumen dengan lengkap dan mengisi formulir dengan keadaan apa adanya, tanpa dilebih-lebihkan sedikit pun.

2. Riwayat Kredit yang Buruk
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu hal yang paling mempengaruhi dalam proses pengajuan dana adalah riwayat kredit anda yang tidak begitu baik. Hal ini bisa anda cek dalam sistem Bank Indonesia checking, di mana anda bisa melihat setiap nasabah dari setiap Bank dalam beberapa kategori.

Apabila anda berada dalam salah satu dari tiga kategori dengan riwayat yang buruk, tentu saja hal ini akan berdampak dengan sulitnya anda dalam pengajuan dana. Terlebih lagi apabila anda berada dalam kategori blacklist.

Dalam hal ini, anda sudah dipastikan tidak akan bisa mengajukan peminjaman dana, KTA, ataupun pembelian dengan sistem kredit.

3. Penggunaan Kartu Kredit yang Over Limit
Beberapa orang biasanya menggunakan kartu kredit untuk membayar cicilan pembayaran tagihan setiap bulannya. Namun, beberapa orang pun terkadang tidak terlalu memperhatikan limit dari kartu kredit tersebut.

Hal ini bisa mengakibatkan penggunaan kartu kredit anda melebihi limit yang sudah ditentukan atau yang lebih sering disebut sebagai over limit. Hal ini akan menjadi sebuah pertimbangan oleh pihak Bank dalam menerima pengajuan peminjaman dana anda.

4. Dokumen Tidak Jelas
Selain beberapa hal di atas, ada pula hal lainnya yang bisa membuat gagalnya pengajuan peminjaman uang ke pihak Bank. Salah satunya adalah ketidakjelasan dalam pemberian dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Biasanya, beberapa Bank akan meminta dokumen yang berbentuk asli demi kejelasan dalam mengecek data anda.

Namun, beberapa orang hanya memberi salinannya saja di mana biasanya tulisan yang tercantum dalam dokumen tersebut tidak begitu jelas dan bisa membuat kesalahpahaman antara pihak nasabah dan pihak Bank. Hal ini hampir sama dengan kesalahan pada saat verifikasi formulir tentang data diri anda.

5. Jumlah Pinjaman yang Tidak Sesuai dengan Penghasilan
Hal terakhir yang bisa membuat gagalnya pengajuan peminjaman dana adalah adanya ketidaksesuaian antara jumlah uang yang anda ajukan dengan penghasilan bersih yang anda dapatkan perbulannya.
Hal tersebut membuat keraguan dari pihak Bank di mana ada kemungkinan yang sangat besar pihak yang mengajukan tidak bisa membayar cicilan setiap bulannya.

Dalam proses verifikasi, tentu saja anda diharuskan untuk mencantumkan penghasilan bersih anda.
Selain itu, pihak Bank pun biasanya akan menawarkan sistem perhitungan dengan rasio pinjaman di mana mengacu dari hasil tersebut, pihak Bank bisa memberikan pilihan jumlah pinjaman yang cocok untuk penghasilan anda perbulannya.

Beberapa hal di atas adalah hal-hal yang bisa memungkinkan gagalnya pengajuan kredit anda. Oleh karena itu, cobalah untuk hindari hal-hal tersebut agar proses peminjaman anda bisa lebih lancar dan juga tidak gagal lagi.

Selain itu, gunakan pinjaman yang akan Anda ajukan dengan bijak. Semoga pinjaman anda cepat disetujui. (Aprillia Ika; Cermati.com; http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/04/10/193000326/Mengapa.Terkadang.Pengajuan.Kredit.Bisa.Gagal.?utm_source=RD&utm_medium=box&utm_campaign=kpoprd)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close