Iptek dan Lingk. Hidup

Bunga Telang

Adalah seorang botanist yang bernama Carl Linnaeus (1707 – 1778), berkebangsaan Swedia yang juga ahli zoology yang banyak mempelajari organism, dikenal sebagai bapak Ilmu Taxonomy modern. Mungkin pikirannya sedang nggrambyang kemana sehingga menamakan sebuah genus Clitoria.

 

Salah satu speciesnya bernama Clitoria Ternatea, yang konon dulu ditemukan pertama di Ternate, yaitu bunga Telang biru yang ditanyakan pak Sunarto. Sejak dulu tumbuhan ini ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna biru terang.

 

Bunganya di berbagai tempat Asia Tenggara dimanfaatkan sebagai pewarna makanan atau kue. Di Malaysia, ekstrak mahkota bunganya dipakai untuk mewarnai ketan. Di Thailand, minuman penyegar berwarna biru dari ekstraknya dinamakan nam dok anchan.

Pak Narto tanya khasiat, saya tidak berani menyebutkan khasiatnya (takut dicekal BPOMG), tapi di internet ada informasi setumpuk khasiat bunga ini mengobati penyakit.
Adalah seorang botanist yang bernama Carl Linnaeus (1707 – 1778), berkebangsaan Swedia yang juga ahli zoology yang banyak mempelajari organism, dikenal sebagai bapak Ilmu Taxonomy modern.

 

Mungkin pikirannya sedang nggrambyang kemana sehingga menamakan sebuah genus Clitoria. Salah satu speciesnya bernama Clitoria Ternatea, yang konon dulu ditemukan pertama di Ternate, yaitu bunga Telang biru yang ditanyakan pak Sunarto.

Sejak dulu tumbuhan ini ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna biru terang. Bunganya di berbagai tempat Asia Tenggara dimanfaatkan sebagai pewarna makanan atau kue. Di Malaysia, ekstrak mahkota bunganya dipakai untuk mewarnai ketan. Di Thailand, minuman penyegar berwarna biru dari ekstraknya dinamakan nam dok anchan.

Pak Narto tanya khasiat, saya tidak berani menyebutkan khasiatnya (takut dicekal BPOMG), tapi di internet ada informasi setumpuk khasiat bunga ini mengobati penyakit. (Sadhono Hadi; dari grup FB ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close