Selingan

Hari Bakpia sedunia

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA-Jutaan bakpia disiapkan warga Ngampilan untuk diperebutkan warga Yogya Minggu (18/9/16). Jutaan bakpia tersebut diperebutkan melalui lima gunungan yang diarak. Lurah Ngampilan, Yogya, Maryuni mengatakan, jutaan bakpia yang disiapkan warganya, rangkaian acara Merti Bakpia. Tahun ini, bakpia yang disediakan lebih banyak ketimbang tahun lalu.

 

“Ini penyelenggaran ke-5, makanya gunungan yang disediakan 5. Tahun kemarin hanya 2 gunungan,” kata Maryuni (15/9/16). Di tiap gunungan itu, terdapat 3.750 bakpia. Selain bakpia pada gunungan, 200 pengusaha bakpia membagikan gratis produknya. Sehingga jumlah bakpia mencapai ribuan.

 

Tak jauh dari konsep tahun lalu, nantinya 5 gunungan bakpia itu akan diarak pada pukul 15.00 WIB melalui Jalan KS Tubun-Jalan Letjend Suprapto, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Bhayangkara, dan kembali lagi ke Jalan KS Tubun.

 

“Lima gunungan dibagi 5, gunungan lanang, gunungan wedok, dan 3 gunungan anak. Jalan2 itu ditutup mulai jam 12 siang,” paparnya. Ketua Paguyuban Kesenian Ngampilan, Kusmantoro menambahkan, semua bakpia dibagikan bersamaan saat gunungan yang diarak sampai di depan bekas pabrik tegel dan kunci di Jalan KS Tubun.

 

“Masyarakat tidak bisa langsung ambil, tapi kami lempar. Hal ini dilakukan agar masyarakat penonton dapat. Bakpianya dibungkus plastik”. Langkah itu, menurut Kusmantoro lantaran di tahun sebelumnya, masyarakat yang telah dapat bakpia tidak segera mundur. Mereka terus mengambil bakpia dengan cara dimasukkan dalam tas plastik.

 

“Sehingga banyak yang berada di belakang tak dapat bakpia. Panitia Merti Bakpia, Indro Kriswantoro menyampaikan saat pengarakan, gunungan diiringi 13 RW dan penampilan reog. Sebelum pengarakan dilakukan, pihaknya juga melakukan bazaar potensi kuliner dan kerajinan.

 

“Bazaar sudah dilakukan mulai 17/9/16. Puncaknya pengarakan bakpia pada 18/9” tutup Indro. (Agus Suryono; dari grup FB-ILP; sumber dari  http://jogja.tribunnews.com/2016/09/16/jutaan-bakpia-siap-diarak-dan-diperebutkan-pada-merti-bakpia-minggu-besok)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close