Opini dan sukses bisnis

5 Tahapan mewujudkan bisnis berkelanjutan

Saat ini, paham bisnis berkelanjutan (sustainable business), diterapkan beberapa bisnis, atau perusahaan di Indonesia. Belum banyak yang menyadari bisnis berkelanjutan, yang banyak manfaat (link artikel Schneider sebelumnya) tak hanya bagi kelangsungan hidup perusahaan, tapi juga kelangsungan hidup setiap manusia.

 

Menjadi perusahaan berkelanjutan tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun bukan mustahil dilakukan. Berikut langkah2 mewujudkan perkembangan bisnis yang berkelanjutan, yang melibatkan strategi terpadu untuk mengelola sumber daya, dan memaksimalkan efisiensi dan tujuan perusahaan.

 

1-Buat roadmap atau rencana kerja.

Pastikan laporan perusahaan Anda terperinci dan berfungsi optimal, yang diawali dengan pembuatan rencana kerja yang komprehensif. Fokuskan tujuan bisnis di area operasional, pasokan, transportasi & logistik, produk & layanan, serta karyawan.
2-Kembangkan struktur jabatan.

Per-tama2, identifikasi pemilik data dari program berkelanjutan. Bantu mereka untuk berkomunikasi yang baik dengan anggota tim berkelanjutan. Selain area keuangan, teknologi informasi, hingga kesehatan operasional & keselamatan.

 

Salah satu area utama yang harus dikembangkan adalah manajemen energi. Schneider Electric adalah salah satu perusahaan yang peduli akan keselamatan lingkungan, dan bertekad untuk selalu menghadirkan solusi manajemen energi terbaik di seluruh dunia.

 

3-Manfaatkan teknologi.

Sistem dan teknologi yang terpadu akan membantu mengefisiensikan energi, namun tetap mampu membantu bisnis mengumpulkan seluruh data dari berbagai sumber ke dalam satu tempat. Saat ini sudah ada solusi yang akan membantu bisnis Anda dengan secara praktis menyatukan seluruh data, tanpa repot memasukkannya secara manual satu per satu.

 

4-Identifikasi kesempatan mendapatkan keuntungan dengan cepat.

Gunakan fitur analitik dalam menganalisis proyek-proyek yang hanya membutuhkan investasi rendah, namun memberikan hasil-hasil positif dalam waktu yang relatif singkat. Misalnya saja, dalam pengelolaan gedung.

 

Anda dapat memasang meteran pemantau energi, yang membantu Anda mengontrol penggunaan listrik. Hal ini merupakan langkah awal yang tepat, dan membantu bisnis Anda mendapatkan Return of Investment yang signifikan.

 

5-Komunikasikan kesuksesan.

Bagikan kisah sukses bisnis Anda dalam mengelola perusahaan yang berkelanjutan kepada para pemangku kepentingan, seperti karyawan, pelanggan, dan para pemegang saham. Paparkan nilai-nilai yang dicapai, serta tantangan yang perlu dipecahkan secara bersama-sama sebagai sebuah perusahaan.

 

Komunikasi keberlanjutan, atau sustainability communication yang mampu mengirimkan pesan mengenai nilai sebuah merek dagang adalah komunikasi yang didasarkan pada brand strategy, yang terintegrasi dengan komunikasi yang mainstream.
Jadi, dengan langkah-langkah tadi, apakah Anda sudah siap wujudkan bisnis berkelanjutan? (/ANH; BeritaSatu.com dan http://www.beritasatu.com/ekonomi/395058-5-langkah-wujudkan-bisnis-berkelanjutan.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close