Islam

Bulan Muharram (TA 138)

Bulan Muharram adalah salah satu dari 4 bulan yang dimuliakan. Banyak peristiwa2 kemenangan terjadi pada bulan Muharram, sebelum, pada jaman dan sesudah Nabi Muhammad SAW. Nabi Musa misalnya dengan pertolongan Allah SWT, pada bulan Muharram, tanpa senjata berhasil mengalahkan pasukan Fira’un yang bersenjata peralatan perang lengkap.

Pada jaman Rasul, menjelang dan sesudah perang Uhud, terjadi beberapa ekspedisi, antara lain Perang Dzi-Amr (3H) dan ekspedisi pimpinan Abdullah bin Unais (4H) yang membersihkan gangguan dan rongrongan kaum musyrik pendukung Mekah disekitar Madinah. Operasi2 yang dilakukan pada bulan Muharram itu berhasil sukses.

Setelah Rasul wafat, Imperium Persia yang lebih ditakuti dari kekaisaran Romawi, mulai mengganggu berkembangnya da’wah Islam. Khalifah Abu Bakar dengan berani memberangkatkan pasukan ke Syam yang masih dalam cengkraman Persia dan pada bulan Muharram 12 H berhasil membebaskan Irak.

Pada jaman Khalifah Umar bin Khattab, pada bulan Ramdahan 19 H, salah satu kota penting Farma, yang dipakai pemusatan pasukan Romawi berhasil dikuasai pasukan muslimin. Dari kota inilah disusun kekuatan untuk mulai membebaskan Mesir. Pada bulan Muharram 20 H, benteng Babylon yang terkenal sangat kuat, tebalnya lebih dari empat meter, takluk dalam kepungan pasukan Muslim. (Sadhono Hadi; dari grup FB ILP)-FR

———-

 

Sajian IBO lainnya : Ingat kata-kata bijak :_
•Besi itu kuat, tapi api dapat melelehkannya.

  • Api itu kuat, tapi air mampu memadamkannya.
    • Air itu kuat, tapi matahari bisa menguapkannya.
    • Matahari itu kuat, tapi awan bisa menghalanginya.
  • Awan itu kuat, tapi angin mampu memindahkannya.
    • Angin itu kuat, tapi manusia mampu mengendalikannya dengan layar perahu.
    • Manusia itu kuat, tapi dosa dan nafsu duniawi dapat melemahkannya.
    • Dosa itu kuat, tapi Iman bisa mengatasinya.Maka, yang terkuat adalah : IMAN dan KEBAIKAN, karena TAK AKAN HILANG SETELAH KEMATIAN.

    Yang paling indah dalam hidup ini adalah :
    – Saat kita pergi ada yang mendoakan.
    – Saat kita jauh ada yang merindukan.
    – Saat kita sedih ada yang menghibur.
    – Saat kita bertemu ada senyum yang Indah.

    Tapi yang terindah dari segalanya adalah :
    Ketika Allah masih berkenan member NAFAS untuk kita hidup di hari ini & bisa bersilahturahmi, walaupun tidak bertatap muka. Mari kita senantiasa _BERSYUKUR_ kepada _NYA…Selamat beraktivitas, semoga di hari yg penuh berkah ini, aktivitas kita senantiasa lancar dan barokah* Aamiin Ya robbal ‘alamiin. (Abu Syuki; dari grup FB-ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close