Cermin bisnis Anggota

Dialog seputar Cara bikin Statemen Visi

Pepeng dan Warga BPTg yang Budiman, berikut Admin sampaikan cuplikan  dialog yang terjadi di WAG Tim Etika Bisnis BPTg , sebagai berikut :

+Putu Ayu Novita: Visi itu sebaiknya yang MENGINSPIRASI dan MENGIKAT tiap anggota di dalamnya; mendorong anggotanya untuk take action dan merasakan urgensi untuk membuat itu jadi kenyataan.

+Pan Supandi: Kalau Visi Rumah Tawa gak ilmiah,  hanya berbunyi “to become 1st choice Sharia hotel ini town by the year 2015”

+Putu Ayu Novita: Menurut pendapat saya visi Rumah Tawa itu itu compelling dan inspiring, tinggal artikulasi nya yabg dijabarkan; apa makna in town? sehingga siapapun yang kerja di Rumah Tawa sadar bhw bisnis hotel ini basisnya SYARIAH  dan jadi pilihan pertama siapapun yang berkunjung ke “town” yg dimaksud pak Pan…
Teorinya mengatakan; visi itu sebaiknya KISS dan Compelling , keep it short and simple and compelling and inspiring. Karena jangan bayangkan semua anggota kita level pemahaman semuanya “advance”. Tolong bayangkan cleaning service yg bekerja di organisasi ini mesti paham dan merasa terinspirasi membacanya.
Saya ambil contoh salah satu klien saya punya visi sederhana sekali untuk perusahaan dengan profit sekaliber 21Triliun yaitu “Menjadi Bank Terbesar dan Tersebar di Seluruh Indonesia” Kalau kita datang ke kantor mereka; bahkan cleaning service dan office boy nya merasakan kebanggan dan seolah2 keyakinan yg mendalam bhw bank mereka harus spt itu
Pada prakteknya dalam kurun 3 th mereka mendisain cabangnya agar tumbuh menjadi 10.000 cabang; ternyata tahun ke3 sudah mencapai 8500; Sekarang angka pencapaian cabangnya melampui Strategic Objectives nya yaitu 15.000 cabang

+Pan Supandi: Mirip dengan koran PR “menjadi koran terkemuka yg menyebar dan mengakar di Indonesia pada thn ….”

+Putu Ayu Novita: that’s what I mean pak Pan…Visi itu sebaiknya jangan INWARD looking..melainkan juga harus OUTWARD LOOKING…sehingga stakeholder kita termasuk customer or member merasakan bahwa organisasi ini memang mau memenuhi semua kepentingan stakeholdernya, bukan hanya kepentingan pendiri dan pengurusnya saja.

+++++ Semoga dialog diatas bisa menginspirasi bagi yang akan membikin atau mengubah Visi Perusahaannya, terima kasih Ibu Putu Ayu Novita (mohon sering2 berbagi ilmu dg Pepeng)
Pan Supandi; dari grup FB BPTg)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close