Opini dan sukses bisnis

Bisakah kita pensiun kaya-sejahtera dan bahagia

Alangkah indahnya kita dapat menapaki usia senja dengan bahagia yang dapat menutup riwayat hidup dengan akhir yang baik. Kebahagiaan dalam bisnis ini dapat diupayakan dengan langkah2 :

1-Pilih bidang bisnis yang tercocok dengan sanubari yang terdalam. Renungkan dalam2, bersyukur kalau bidang itu merupakan “keahlian kita” selama ini karena tinggal diteruskan. “Hobi” yang selama ini dijalankan atau sebatas diangankan dapat menjadi bisnis yang cocok dengan sanubari kita.

2-Kuasai proses bisnis secara rinci dan mendalam. Karena penguasaan atas proses bisnis dapat menjadi kunci agar kita dapat menikmati setiap titik proses setiap detiknya.

3-Usahakan produk/jasa yang dibuat konteksnya bermakna bagi masyarakat dan diridhoi Nya . Kalau buka warung usahakan agar ada misi baik, misal harga terjangkau sehingga bisa membantu guru, anak2 sekolah dan warga kurang mampu atau produk2 sehat tanpa bahan kimia berbahaya. Jangan membuat produk yang menimbulkan konflik batin dengan sanubari kita.

4. Usahakan agar hasil bisnis ada yang disisihkan untuk zakat-derma-sumbangan yang jumlahnya sesuai keyakinan kita. Karena zakat/infaq/sodaqoh itu kegiatan spiritual yang bisa menciptakan kebahagiaan.

5. Awalilah tiap kegiatan bisnis ini dengan niat baik dan tulus, sabar dan kuatkan mental menjaga proses bisnisnya, dan selalu akhiri setiap kegiatan dengan rasa syukur karena Tuhan telah memberi yang terbaik. (Gatot; dari grup BPTg; dicuplik dari  Djati Sutomo, http://bisnissedjati.blogspot.co.id/)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close