Psikologi

Hidup tak perlu pensiun

Dr. Shigeaki Hinohara bukan dokter biasa. Dia aset nasional Jepang. Lahir 1911, ia berusia 106 tahun ini, 2017. Dia dokter dan pendidik tertua & terlama di dunia. Dia menerbitkan lebih dari 150 buku, salah satunya best-seller “Living Long, Living Good” yang terjual lebih dari 1,2 juta copy.

Ini adalah protokol menyegarkan dari Dr. Hinohara mengenai hidup dengan umur panjang dan bahagia, yang berbeda dari  panduan gaya hidup sehat pada umumnya.

1-“Energi berasal terutama dari perasaan yang baik.”
Anak2 sering ber-senang2 sampai lupa makan atau tidur. Kita harus meniru anak2, mengurangi aturan seperti waktu makan dan waktu tidur.

2-“Jangan kelebihan berat badan”
Orang2 berumur panjang tidak overweight. Dr.Hinohara ber-hati2 dengan makanan. Sarapan, dia minum kopi & susu, jus jeruk + 1 sendok makan minyak zaitun. Ia percaya zaitun bagus untuk arteri & kesehatan kulit. Makan siang ia minum susu; kue2 atau tidak sama sekali kalau sibuk. Makan malam, ia pilih sayuran, ikan & nasi. Dan 2x seminggu, dia ‘menghadiahkan’ dirinya dengan 100g daging.

3-“Selalu membuat rencana ke depan”
Dr.Hinohara selalu membuat jadwal setahun, dengan ceramah, kerja di RS dan pertemuan2. Ia suka menghibur dirinya dan merencanakan menghadiri Olimpiade Tokyo thn 2020!

4-“Anda tidak harus pensiun”
Jika anda ingin pensiun, lakukan pada usia yang lebih tua, bukan di umur 65.

5-“Berbagilah apa yang Anda ketahui”
Dr.Hinohara memberi 150 kuliah/tahun, bahkan untuk anak2 SD dan komunitas bisnis. Ia memberi kuliah sambil berdiri 90 menit. Dia percaya berdiri membuatnya kuat.

6-“Jangan percaya semua yang dikatakan/dianjurkan dokter Anda”
Dokter tidak dapat menyembuhkan semua orang. Coba tanya apakah dokter anda menyarankan orang yang dicintainya melalui prosedur  yang disarankannya kepada anda. Mengapa harus menyebabkan rasa sakit dan penderitaan yang tidak perlu bagi pasien?

7-“Agar tetap sehat, pilhlah tangga daripada lift dan bawa sendiri barang2 Anda”
Ini adalah bentuk latihan kaki dan otot-otot paha.

8-“Carilah inspirasi”
Dr.Hinohara terinspirasi puisi Robert Browning “Abt Vogler” yang menyarankan merencana sesuatu yang besar yang anda tidak bisa menyelesaikannya saat masih hidup.

9-“Rasa sakit itu misterius
Cobalah atasi rasa sakit dengan melupakannya. Jika anak kecil sakit gigi, dan Anda ajak dia bermain, ia akan segera melupakan sakitnya. Di rumah sakit Dr.Hinohara, ada terapi musik dan kelas seni.

10-“Jangan mabuk materi
Tidak ada yang tahu sampai kapan Anda hidup, dan Anda tidak dapat membawa apa2 ketika meninggal.

11-“Ilmu saja tidak dapat menyembuhkan orang
Ilmu memperlakukan sama semua orang, padahal penyakit bersifat individual. Untuk menyembuhkan seseorang, dokter perlu lebih liberal dan visual.

12-“Hidup sukar diduga dan penuh dengan insiden
Ketika usia 59 tahun, DrHinohara berada di pesawat yang dibajak. Ia diborgol 4 hari di tempat duduknya pada 40®C. Ia anggap itu sebagai eksperimen dan kagum tubuhnya beradaptasi dengan situasi krisis.

13-“Carilah model peran.”
Salah satu model peran Dr.Hinohara adalah ayahnya yang ke Amerika tahun 1900, belajar di Duke University. Kita harus punya tujuan untuk mencapai lebih dari yang ‘bisa’ dicapai.

14-“Hidup lama itu sangat menyenangkan.”
Dalam usia lanjut, kita harus berusaha melayani masyarakat. Sejak usia 65, Dr.Hinohara bekerja sebagai sukarelawan. Dia aktif 18 jam/hari, 7hari / seminggu, dan ia menikmati tiap menit hidupnya. Hidup itu anugerah Tuhan muliakan DIA dgn segala yg dititipkan pdmu. (Endang Sariningsih; dari grup BPTg; sumber dari Prof. Dr. Shigeaki Hinohara, Profesor medicine pendiri paliatif pertama di Asia)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close